Wisata Kuliner di Belitung, Jangan Lupa Cicipi Tiga Kuliner Unik Ini

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 01:23 WIB
Wisata Kuliner di Belitung, Jangan Lupa Cicipi Tiga Kuliner Unik Ini
Wisata Kuliner di Belitung, Jangan Lupa Cicipi Tiga Kuliner Unik Ini
A A A
JAKARTA - Keindahan Pulau Belitung membuat banyak orang tergoda untuk mengunjunginya, sehingga seakan tiada henti pulau ini didatangi para wisatawan terutama di akhir pekan. Sebagian besar dari pengunjung khusus datang untuk menikmati keindahan pantai di pulau ini.

Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa Belitung juga menawarkan wisata kuliner khas pulau ini yang wajib dicicipi. Nah, berikut tiga kuliner yang wajib didapat wisatawan dari luar pulau saat weekend gateway, karena menawarkan rasa yang unik lain dari biasa. Namun sebelumnya, ada baiknya juga Anda untuk melakukan booking di hotel Belitung agar Anda bisa lebih lama menikmati keindahan Pulau Belitung.

1. Warung Kopi Belitung

Tak banyak orang tahu bahwa Belitung dikenal sebagai pulau penikmat kopi. Pasalnya di sepanjang jalan, banyak ditemukan warung kopi yang mayoritas diseduh dengan cara tradisional. Kopi bubuk dituangkan ke sebuah gelas wadah, ditambahkan air panas yang direbus memakai arang, diaduk perlahan, lalu dituang dan disaring menggunakan saringan kain sehingga tak lagi berampas.

Salah satu contohnya yaitu warung kopi Kong Djie di kawasan Monumen Batu Satam. Warkop ini menjadi warkop yang paling dikenal di Belitung dengan banyak cabang hingga ke luar Pulau belitung. Jangan lupa cicipi Kopi O (kopi hitam) dan kopi susunya ditemani telur ayam setengah matangnya ya.

2. Mi Belitung Atep

Mi Belitung menjadi kuliner yang paling populer di antara para wisatawan yang ingin berkunjung ke Belitung. Tak heran jika banyak agen tur memasukkan Mi Belitung ini dalam itinerary-nya. Pengunjung bisa memesan Mi Belitung ini yang terdiri dari mi, emping, tahu, udang, kentang, dan timun. Bedanya dengan mi di tempat lain Mi Belitung ini bercita rasa gurih. Anda bisa mencicipi Mi Belitung di Mi Belitung Atep yang berada di Jalan Sriwijaya No 27, Tanjung Pandan, dan dikelola langsung oleh Nyonya Atep dari resep leluhur selama 40 tahun. Jadi, jangan sampai meninggalkan menu ini.

3. Suto Belitung Mak Jannah

Tempat kuliner di Belitung lainnya yang wajib dicoba yaitu Suto Belitung Mak Jannah. Berlokasi di Jalan Merdeka Kota Tanjung Pandan, Suto Belitung ini menjadi andalan para pelancong di Belitung. Pasalnya Suto Belitung ini sudah buka sejak 1970, dengan rasa yang mantap.

Suto Belitung menjadi kuliner khas Belitung yang tampilannya mirip ketupat sayur dengan kuah kental dan rasa berbeda. Kuah ini terbuat dari rebusan santan kelapa, kari iga sapi, dan irisan daging. Sementara menu ini disajikan dengan irisan lontong, bihun, daging, dan kerupuk melinjo, ditaburi bawang goreng, kecap manis dan jeruk limau.

Nah, itulah tiga kuliner yang menawarkan rasa unik khas Belitung sehingga wajib dicicip saat wisata kuliner di sana. Apabila Anda memiliki waktu lebih lama, cobalah menginap di hotel di Belitung agar bisa lebih puas berburu kuliner ini. Anda bisa booking hotel online murah di Airy, baik melalui website, maupun aplikasi di Android dan iOS dengan mudah.

Meski memiliki harga murah, namun Hotel dalam jaringan Airy Rooms ini memiliki tujuh fasilitas standar lengkap, antara lain kamar ber-AC, tempat tidur bersih, TV layar datar, WiFi, air minum gratis, hingga shower air hangat beserta peralatan mandi. Di samping itu, cara pembayarannya juga dapat dilakukan dengan mudah seperti lewat kartu kredit, transfer bank, ataupun membayar langsung di gerai Indomaret. Jadikan liburan Anda di Belitung semakin berkesan dengan menginap di tempat yang nyaman dan aman dalam hotel jaringan Airy ini.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9009 seconds (0.1#10.140)