Tips Membuat Chicken Katsu Saus Tonkotsu, Sajian Libur Akhir Pekan

Sabtu, 02 November 2019 - 08:30 WIB
Tips Membuat Chicken Katsu Saus Tonkotsu, Sajian Libur Akhir Pekan
Tips Membuat Chicken Katsu Saus Tonkotsu, Sajian Libur Akhir Pekan
A A A
JAKARTA - Bunda, belum punya ide untuk lauk makan hari ini? Jika belum, Chicken Katsu Saus Tonkotsu dapat menjadi pilihan. Cara membuatnya memang cukup rumit, tetapi sebanding dengan rasanya.

Bahkan, Chicken Katsu Saus Tonkotsu bisa disimpan di lemari pendingin untuk stok makanan. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
4 potong fillet dada ayam
150 g tepung terigu
2 btr telur
250 g tepung roti
½ sdt bawang putih bubuk
150 ml susu cair
Garam
Lada
Minyak goreng

Bahan saus tonkotsu:
100 ml saus tomat
3 sdm saus tiram
4 sdm saus inggris
1 sdm gula pasir

Bahan salad:
Kol ungu, iris tipis
Kol putih, iris tipis
Wortel, iris tipis
Mayonaise
1 buah jeruk nipis
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
Gula

Cara membuat:
Campurkan garam dengan lada dan bubuk bawang putih. Aduk rata. Sisihkan. Potong fillet dada ayam dengan metode butterfly cut yaitu teknik memotong daging yang tebal agar bentuknya lebih tipis. Menghasilkan potongan fillet dada ayam yang tipis melebar. Sisihkan. Lumuri fillet dada ayam dengan campuran garam, lada, dan bawang putih bubuk. Siapkan tepung terigu, telur yang sudah dikocok, dan tepung roti dalam wadah terpisah.

Pertama, lapisi fillet dada ayam dengan tepung terigu. Lalu kibas-kibaskan sedikit untuk membuang kelebihan tepung. Kedua, celupkan fillet dada ayam ke dalam kocokan telur dan susu. Terakhir, gulingkan ke dalam tepung roti. Lapisi bagian luarnya secara merata. Goreng fillet dada ayam hingga berwarna coklat keemasan. Angkat, tiriskan. (Baca juga: 4 Macam Sambal Sunda yang Menggugah Selera Bersantap ).

Cara membuat saus tonkotsu, campurkan kecap inggris dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan saus tomat dan saus tiram. Aduk rata. Cara membuat salad, campur air perasan jeruk nipis, minyak wijen, dan kecap asin. Aduk rata. Tambahkan gula. Aduk rata. Tambahkan mayonaise. Aduk rata. Masukan sayuran yang sudah diiris tipis.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4008 seconds (0.1#10.140)