Suka Pakai Baju Pasangan? Anda Beruntung karena Bisa Mengurangi Stres

Kamis, 14 November 2019 - 22:30 WIB
Suka Pakai Baju Pasangan? Anda Beruntung karena Bisa Mengurangi Stres
Suka Pakai Baju Pasangan? Anda Beruntung karena Bisa Mengurangi Stres
A A A
NEW DELHI - Jika Anda termasuk orang yang suka mengenakan pakaian pasangan Anda, seperti kemeja, t-shirt atau hoodies, ini menjadi kabar baik.

Menurut sebuah penelitian, mengenakan pakaian pacar Anda dapat mengurangi stres mental. Para peneliti di University of British Columbia menjelaskan, mengenakan pakaian apapun yang membawa aroma pasangan, membantu mengurangi stres, kesepian, dan kecemasan.

Para peneliti memilih wanita secara acak dan menugaskan mereka untuk mencium satu dari tiga aroma, yakni aroma orang asing, pasangan mereka, atau aroma netral. Sebelum memberi para wanita pakaian pasangan mereka, para pria diminta untuk mengenakan pakaian yang sama selama 24 jam sehingga mereka meninggalkan jejak aroma yang kuat.

Setelah mencium baju-baju itu, para peserta diminta menjalani wawancara kerja pura-pura dan mengerjakan tugas matematika; ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat stres peserta.

Ketika para peneliti mencatat tingkat stres dan kortisol para partisipan, yang menarik, para wanita yang diberi pakaian dengan aroma pasangan mereka menunjukkan tingkat stres yang lebih rendah. Sedangkan, wanita yang mencium t-shirt yang dikenakan oleh orang asing secara acak lebih stres daripada yang lain.

"Banyak orang mengenakan baju pasangan mereka atau tidur di sisi ranjang pasangannya ketika pasangannya pergi, tetapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka terlibat dalam perilaku ini. Temuan kami menunjukkan bahwa aroma pasangan sendiri, bahkan tanpa kehadiran fisik mereka, dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres," kata pemimpin penulis studi Marlise Hofer seperti dilansir Times of India.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkap, temuan tersebut dapat sangat membantu orang untuk mengatasi situasi yang membuat stres.

"Dengan globalisasi, orang semakin bepergian untuk bekerja dan pindah ke kota-kota baru. Penelitian kami menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti mengambil artikel pakaian yang dikenakan oleh orang yang Anda cintai dapat membantu menurunkan tingkat stres ketika Anda jauh dari rumah," penulis studi senior Frances Chen mengatakan dalam sebuah pernyataan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7343 seconds (0.1#10.140)