Tips Menangkap Ekspresi Interaktif Satwa dalam Foto

Selasa, 19 November 2019 - 12:19 WIB
Tips Menangkap Ekspresi...
Tips Menangkap Ekspresi Interaktif Satwa dalam Foto
A A A
Saat kita berkunjung ke taman safari atau berwisata ke kebun binatang, tentu banyak sekali aneka satwa yang kita temui di sana, termasuk satwa-satwa lucu yang jarang kita lihat sehari-hari. Sebagai pecinta foto, makhluk-makhluk lucu tersebut tentu tak boleh dilewatkan begitu saja tanpa kita abadikan dalam jepretan foto kita.

Tentunya dengan segala tingkah laku dan ekspresi mereka. Untuk menangkap ekspresi satwa agar terlihat berinteraksi dengan orang yang melihat foto kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Posisikan kamera kita sejajar dengan eye-level satwa yang kita foto agar satwa tidak terlalu mendongakkan kepala saat melihat ke arah lensa kamera kita. Gunakan lensa dengan focal length panjang agar kita bisa membidik dari jauh tanpa menakuti satwa bidikan kita.

2. Pastikan mata satwa yang kita bidik tertuju ke arah lensa kamera agar terlihat berinteraksi saat foto tersebut dilihat oleh orang lain. Buatlah bunyi-bunyian agar satwa yang kita bidik tertarik dan menoleh ke arah lensa kamera kita.

3. Gunakan fitur continuous shooting dengan mode fokus AI Servo yang dikunci pada mata satwa yang menjadi subjek foto. Dengan begitu, area mata tetap terlihat tajam di hasil foto kita, terutama jika satwa yang kita bidik tergolong satwa aktif dan sulit diprediksi gerakannya.

4. Gunakan bukaan lensa/aperture besar supaya latar belakang satwa bidikan kita terlihat blur dan tidak mengganggu fokus foto pada satwa.

5. Perhatikan juga arah cahaya matahari jika memotret di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyesuaikan posisi pemotretan untuk mendapatkan pencahayaan yang diinginkan.

6. Berkunjunglah pada jam-jam makan satwa yang akan difoto agar bisa mendapatkan berbagai ekspresi satwa secara maksimal. Jika kita berkunjung di luar jam tersebut, biasanya satwa cenderung bermalas-malasan dan diam berbaring atau tidur.

Perhatikan perbedaan contoh Foto 1 dan contoh Foto 2. Saat melihat contoh Foto 2, kita merasakan ada interaksi dengan satwa dalam foto karena tatapan mata dari satwa tersebut. Sedangkan pada contoh Foto 1, kita hanya sekadar melihat sebuah foto satwa tanpa adanya ekspresi interaktif dengan kita.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)