Upaya Menghidupkan Kembali Potensi Wisata Museum Benyamin Sueb

Kamis, 06 Februari 2020 - 20:05 WIB
Upaya Menghidupkan Kembali Potensi Wisata Museum Benyamin Sueb
Upaya Menghidupkan Kembali Potensi Wisata Museum Benyamin Sueb
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggandeng sejumlah seniman guna kembali menghidupkan potensi wisata budaya Museum Benyamin Sueb yang berada di dekat Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Seniman yang terlibat dalam rencana ini di antaranya musisi Dwiki Darmawan dan desainer batik Betawi Elemwe, Lily Mariasari.

Mereka akan diajak untuk menghelat kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya Jakarta, seperti seni tari, musik, kuliner, fesyen, hingga pelatihan membatik bagi masyarakat.

Tujuan pengembang ini, sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Budaya DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana dalam keterangan resminya, adalah untuk melestarikan seni budaya Jakarta dan menghidupkan kegiatan di Museum Benyamin Sueb. Dengan adanya banyak acara, maka nantinya bakal ramai dikunjungi turis domestik maupun mancanegara.

"Salah satu tujuan dikembangkannya museum ini lewat berbagai aktivitas para seniman adalah untuk menarik wisatawan. Museum ini menarik untuk dikunjungi karena ada beberapa sejarah dan foto-foto Benyamin yang melegenda sebagi salah satu ikon Kota Jakarta," ungkap Iwan Henry saat berkunjung ke Museum Benyamin Sueb bersama Kepala Suku Dinas Budaya Jakarta Timur, Hasanudin, Rabu (5/2).

Dalam masalah penataan galeri, terdapat usul agar diatur lebih menarik dengan aksen batik Betawi, dan menempatkan produk-produk Elemwe. Dengan memiliki nilai seni budaya, khususnya Betawi, Elemwe dipandang bisa menarik minat masyarakat terhadap batik dan seni budaya Betawi.

"Selain menempatkan produk yang bercerita soal sejarah kota Jakarta, kami berencana membuat acara fashion show busana etnik Betawi, pelatihan membuat batik tulis, dan promosi kuliner Betawi," ungkap Founder dan Desainer Elemwe, Lily.

Adanya sejumlah terobosan yang sangat menarik guna mengembangkan wisata budaya Museum Benyami Sueb itu membuat Lily tidak sabar agar acara segera direalisasikan. Dia berharap Museum Benyamin Sueb benar-benar bisa menjadi salah satu kawasan wisata menarik yang ramai dikunjungi.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5501 seconds (0.1#10.140)