12 Hal yang Ditunggu dalam Perhelatan Oscar 2020

Minggu, 09 Februari 2020 - 15:04 WIB
12 Hal yang Ditunggu dalam Perhelatan Oscar 2020
12 Hal yang Ditunggu dalam Perhelatan Oscar 2020
A A A
JAKARTA - Ajang tahunan Academy Awards atau Oscar 2020 bakal digelar malam nanti waktu Los Angeles, Amerika Serikat. Dipastikan bintang-bintang film tersohor dunia akan hadir dan menjadi atraksi menarik di red carpet.

Ya, sebentar lagi mata dunia memang akan tertuju pada perhelatan Oscar yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles. Sejumlah tanda tanya mengemuka pada ajang penghargaan bergengsi ini. Semisal soal siapa yang akan menjadi aktor terbaik, aktris terbaik, film terbaik, sutradara terbaik, dan sebagainya.

Tapi, tentu bukan hanya itu yang menjadi alasan perhelatan Oscar wajib disimak. Berikut 12 hal lain yang patut ditunggu pada ajang anugerah bagi insan perfilman dunia ini, seperti dikutip dari laman Bbc.com.

1. Brad Pitt memenangkan Oscar pertamanya untuk bidang akting dan membuat speech jenaka.

Kita tahu, Pitt telah sukses meraih piala dalam ajang Screen Actors' Guild Awards pada Januari lalu. Para pakar film meyakini, mantan suami Angelina Jolie dan Jennifer Aniston itu bakal memenangkan Oscar juga untuk kategori yang sama, yaitu best supporting actor berkat film besutan Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood.

Jika ramalan itu terbukti, Pitt agaknya bakal mendapat sambutan paling meriah malam nanti.

Pada 2014, Pitt pernah memenangkan Oscar sebagai produser film 12 Years a Slave. Untuk kategori akting, Pitt sempat masuk nominasi untuk film Twelve Monkeys, The Curious Case of Benjamin Button, dan Moneyball, namun gagal membawa pulang piala.

Pitt juga mendapat perhatian berkat pidato-pidatonya yang jenaka di sejumlah kesempatan sebelumnya.

2. Joaquin Phoenix memenangkan Oscar pertamanya dan membuat pidato politik.
Phoenix diramalkan bakal memenangkan piala Oscar untuk peran dia yang memukau sebagai Joker.

Yang menarik ditunggu-tunggu adalah, apa yang akan dikatakannya saat berada di podium Oscar, mengingat di ajang penghargaan sebelumnya Phoenix pernah menyampaikan pidato bertema perubahan iklim dan rasisme sistematis dalam industri film.

Kalau menang, ini akan menjadi Oscar pertama buat aktor 45 tahun itu, setelah empat kali masuk nominasi.

Yang juga sulit diprediksi adalah, ke mana Phoenix akan pergi setelah perhelatan Oscar selesai. Sebab, melihat pengalaman pada event Screen Actors' Guild Awards yang lalu, Phoenix diketahui memilih pergi ke sebuah tempat penjagalan hewan untuk melakukan protes soal hak-hak binatang ketimbang menghadiri after-party perhelatan tersebut.

3. Kembalinya Masa "Reneessance"
Renee Zellweger juga diramalkan akan meraih penghargaan best actress untuk perannya sebagai Judy Garland dalam film Judy.

Kalau menang, Oscar kali ini akan menjadi simbol kembalinya Reene yang pernah mendapat nominasi Academy Awards selama tiga tahun berturut-turut (2002-2004) dan memenangkan piala pada 2004 untuk film Cold Mountain.

Sebelumnya, sepanjang 2010-2016, Reene diketahui sempat menarik diri dari Hollywood.

4. Banyak kejutan tak terduga
Laura Dern diramalkan bakal memenangkan kategori best supporting actress untuk film Marriage Story.

Biasanya akan ada kejutan untuk peraih penghargaan di kategori akting. Dan, sepertinya tahun ini juga demikian, tapi yang paling diyakini menang adalah Laura Dern di samping Brad Pitt, Joaquin Phoenix, dan Reene Zellweger.

5. Kemenangan Sam Mendes
Harapan besar juga ditujukan pada Sam Mendes yang menyutradarai film epik tentang Perang Dunia I, 1917. Selain Sam Mendes, filmnya pun diprediksi akan meraih piala untuk kategori best picture.

Dalam tujuh tahun terakhir, piala Oscar yang diraih oleh sutradara dan filmnya secara bersamaan sudah terjadi dua kali.

Sam Mendes sendiri pernah memenangkan Oscar pada 2000 untuk film American Beauty.

6. Film Korea Selatan, Parasite, membuat sejarah
Film Parasite kembali diunggulkan meraih piala, setelah sebelumnya memenangkan sejumlah tropi dari ajang penghargaan lain untuk kategori best picture. Kalau menang, Parasite akan menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang meraih piala best picture dalam ajang Oscar.

7. Host acara
Tak perlu mencari tahu siapa host pada ajang Oscar 2020, karena tahun ini seperti halnya tahun lalu, tak akan ada lagi host yang memandu jalannya acara.

Tahun lalu Tina Fey, Amy Poehler, dan Maya Rudolph yang diberi tugas menyampaikan narasi pembukaan.

8. Penampilan Billie Eilish
Setelah sukses meraih sejumlah piala di ajang Grammy Awards 2020, Billie Eilish juga akan tampil dalam perhelatan Oscar tahun ini.

Ada spekulasi penyanyi 18 tahun itu bakal tampil membawakan lagu tema film James Bond terbaru yang ia nyanyikan berjudul No Time To Die. Tapi, ada juga kabar bahwa Eilish bakal membawakan lagu Yesterday milik The Beatles untuk mengiringi seremoni pada segmen pemberian penghargaan In Memoriam.

9. Paduan suara para pengisi suara Elsa
Seperti biasa, lagu tema para nominator akan ditampilkan. Di antaranya adalah Into The Unknown dari film Frozen II, yang bakal dinyanyikan oleh tak kurang dari 10 bintang.

Idina Menzel, pengisi suara Elsa yang asli, akan ikut dalam paduan suara ini di samping para pengisi suara sang ratu Arendelle dari sejumlah negara seperti Denmark, Jepang, Polandia, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

10. Tribute untuk Kobe Bryant
Legenda basket yang tewas dalam kecelakaan helikopter belum lama ini, Kobe Bryant, akan mendapat tribute khusus melalui segmen yang diberi nama In Memoriam. Hanya, belum diketahui pasti apakah ia akan diberi penghormatan secara khusus, atau digabung dengan tribut yang juga bakal diberikan kepada aktor lawas Kirk Douglas yang baru saja wafat dalam usia 103 tahun.

11. Minimnya Keberagaman
Sepertinya para peraih piala Oscar tahun ini akan didominasi kaum kulit putih. Satu-satunya nominator kulit hitam yang berpeluang menang adalah Cynthia Erivo, yang dinominasikan untuk kategori best actress.

Selain itu, pemenang best director juga dipastikan seorang pria karena nominatornya tahun ini semua laki-laki.

Yang juga menjadi perhatian adalah, selama 12 tahun terakhir, belum ada lagi pemenang untuk kategori penulisan skenario yang berasal dari kalangan wanita. Terakhir perempuan yang meraih Oscar untuk kategori best screenplay adalah Diablo Cody berkat film Juno. Untuk tahun ini, satu-satunya perempuan calon pemenang kategori penulisan skenario adalah Greta Gerwig untuk film Little Women.

12. Nominator dari satu keluarga
Tahun ini pasangan kekasih Noah Baumbach dan Greta Gerwig sama-sama dinominasikan meraih Oscar untuk kategori penulisan skenario pada dua film yang berbeda. Baumbach untuk film Mariage Story, sementara Gerwig untuk film Little Women.

Sementara itu, saudara sepupu Randy and Thomas Newman juga harus bersaing untuk meraih gelar best original score berkat karya mereka masing-masing dalam film Marriage Story dan 1917. Thomas sebelumnya pernah 14 kali masuk nominasi tapi tak pernah menang, sedangkan Randy 20 kali masuk nominasi dan dua kali menang.

Ada juga pasangan ayah dan anak, yaitu Michael-Christian Minkler, yang sama-sama masuk nominasi kategori best sound mixing untuk film Once Upon a Time in Hollywood.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7230 seconds (0.1#10.140)