Bong Joon-ho Enggak Pernah Nyangka Gondol Gelar Sutradara Terbaik

Selasa, 11 Februari 2020 - 05:49 WIB
Bong Joon-ho Enggak Pernah Nyangka Gondol Gelar Sutradara Terbaik
Bong Joon-ho Enggak Pernah Nyangka Gondol Gelar Sutradara Terbaik
A A A
LOS ANGELES - Bong Joon-ho melalui film besutannya Parasite memenangkan Sutradara Terbaik dalam Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (10/2). Tak tanggung-tanggung, sutradara Korea Selatan itu mengalahkan Sam Mendes yang difavoritkan melalui karya 1917.

Seperti dilansir The Independent, kategori ini diumumkan langsung oleh Spike Lee. Saat nama Bong Joon-ho disebutkan, seluruh penonton yang hadir pun berdiri sebagai bentuk pujian kepada Bong.

Dengan kemenangan ini, Bong Joon-ho pun menjadi sutradara film Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan di Oscar 2020. "Setelah memenangkan Film Berbahasa Asing Terbaik, saya pikir saya sudah selesai dan siap untuk bersantai," kata Bong.

Pada pidato kemenangannya, Bong tidak lupa memberikan penghormatan kepada rekan-rekan sutradara lainnya, termasuk Martin Scorsese dan Quentin Tarantino. Dia pun mengungkapkan bahwa sebuah kehormatan bisa menjadi nominasi Oscar.

"Ketika saya masih di sekolah, saya mempelajari film-film Martin Scorsese. Hanya untuk dinominasikan adalah suatu kehormatan, saya tidak pernah berpikir saya akan menang," ungkap Bong.

Sebelumnya, film Parasite memenangkan Skenario Asli Terbaik serta Film Berbahasa Asing Terbaik. Sementara itu, untuk kali kedua, Oscar tidak memiliki pembawa acara.

Sedangkan dari segi nominasi, film Joker memimpin tahun ini dengan meraih 11 nominasi. Di sisi lain, The Irishman dan Once Upon a Time in Hollywood mengikuti di belakangnya dengan meraih 10 nominasi.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)