Lawan Perundungan Fisik, Ririe Bogar Hadirkan Buku KFGA

Rabu, 11 Maret 2020 - 21:31 WIB
Lawan Perundungan Fisik, Ririe Bogar Hadirkan Buku KFGA
Lawan Perundungan Fisik, Ririe Bogar Hadirkan Buku KFGA
A A A
JAKARTA - Body shaming atau mengomentari bentuk fisik seseorang kerap terjadi, dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena bentuk fisiknya, mereka kerap di-bully atau dirundung, baik di lingkungan terdekat maupun media sosial. Akibatnya, muncul krisis kepercayaan diri dan kebencian yang berlebih terhadap diri sendiri.

Guna memotivasi mereka agar lebih percaya diri dan menerima diri apa adanya, belakangan ini banyak bermunculan gerakan self-love yang dilakukan para public figure, salah satunya Ririe Bogar, seorang influencer body positivity dan founder Komunitas Xtra-L Indonesia.

Berawal dari pengalaman pribadi, Ririe bersama teman-temannya yang sering mendapatkan komentar negatif tentang fisik mereka, tergerak untuk membuat tagar #KFGA (Komentar Fisik Gak Asik) di Instagram pribadi Ririe @ririebogar dan @komentarfisikgakasik.id, dan mendapatkan lebih dari 11.000 respons.

Belum lama ini, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Ririe pun meluncurkan buku keduanya yang berjudul sama dengan movement yang dibuatnya, Komentar Fisik Gak Asik. Buku ini merupakan rangkaian cerita dan kata-kata dari Ririe Bogar yang mengajak perempuan khususnya untuk menerima, mensyukuri, dan lebih mencintai diri sendiri.

Selain itu, dalam buku tersebut, Ririe juga memotivasi para teman yang sering mendapatkan komentar fisik negatit untuk melawan para perundung dan mengajak mereka untuk lebih berkomentar yang cerdas.

"Gini ya hanya mau bilang, enggak ada yang salah dengan kata gendut. Akan jadi salah kalau ngucapnya dengan hinaan. Misalnya badan kamu gendut ya, jawab aja, 'iya, terus kenapa kalau saya gendut?" ucap Ririe dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (11/3).

"Tapi kalau ngomongnya badan gendut amat dah kayak kulkas 2 pintu, nahhhhh boleh deh tuh kamu Speak Up! Jangan mau disamakan dengan benda, and say no to body shaming. Kita enggak harus sama kok bentukannya dengan standar cantik orang-orang di luar sana. Cantik itu kamu," sambungnya.

Sementara itu, dalam penggarapan bukunya, Ririe berkolaborasi dengan salah satu law office untuk membantu para pembaca #KFGA yang mendapatkan perlakuan komentar negatif dan ingin mendapatkan bantuan konsultasi hukum gratis. Buku Komentar Fisik Gak Asik sendiri akan tersedia di toko buku seluruh Indonesia mulai 17 Maret 2020. Dan Ririe Bogar akan menggelar roadshow #KFGA 6 kota, yaitu Jakarta, Medan, Makassar, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8323 seconds (0.1#10.140)
pixels