9 Langkah Membuat Kaldu Ayam Rumahan

Kamis, 12 Maret 2020 - 12:03 WIB
9 Langkah Membuat Kaldu Ayam Rumahan
9 Langkah Membuat Kaldu Ayam Rumahan
A A A
JAKARTA - Kaldu ayam dapat menambah kenikmatan setiap makanan. Meski mudah untuk membelinya di toko, tetapi tak ada salahnya membuat kaldu ayam sendiri sehingga hidangan terasa lebih istimewa.

Kaldu ayam buatan sendiri dapat membuat makanan Anda menjadi luar biasa karena rasanya yang kaya dan tentu saja lebih sehat. Tetapi tidak semua orang bisa membuat kaldu ayam yang tepat.

Anda dapat mengukur garam yang digunakan secara tepat dan mendapatkan nutrisi dari beragam sayuran. Kelebihan lainnya dari membuat kaldu ayam sendiri adalah dapat menyimpannya di dalam freezer hingga tiga bulan. Nah, seperti dilansir Goodhousekeeping, berikut tips membuat kaldu ayam di rumah.

1. Bahan-bahan
1 ayam kecil , 1 siung bawang besar (8 ons) dipotong empat, 2 buah wortel sedang (4 ons) potong ukuran besar, 2 tangkai seledri (4 ons) potong ukuran besar, 8 tangkai peterseli, 4 tangkai thyme, 1 siung bawang putih, 6 buah merica, dan 1 daun salam. Siapkan 1 panci besar, skimmer, kain, benang, dan saringan

2. Air
Letakkan ayam dalam panci besar dan tinggi. Tambahkan 8 gelas air dingin. Pastikan untuk menggunakan panci yang beberapa inci lebih tinggi dari ayam. Ini memungkinkan air mengalir di sekitar bahan dan mengekstraksi rasa. Panci jenis ini juga akan memudahkan untuk menyisir apa pun di permukaan.

3. Simmer dan skim
Masak ayam sampai mendidih. Saat mendidih, skim dan buang apa pun yang naik ke atas. Didihkan selama 30 menit.

4. Tambahkan sayuran
Tambahkan bawang, wortel, dan seledri dan terus didihkan selama 1 1/2 jam lagi. (Baca juga: Sebelum Terlambat, Yuk Peduli Fungsi Ginjal Sejak Dini ).

5. Buat buket garni

Buat buket garni atau sebungkus bumbu yang dibungkus dengan kain. Bumbu yang digunakan terdiri dari peterseli, thyme, bawang putih, merica dan daun salam. Kemudian bungkus dengan kain dan ikat dengan benang. Cara ini akan membantu menambahkan rasa rempah ke dalam kaldu.

6. Tambahkan buket garni

Tambahkan buket garni ke dalam panci dan didihkan sampai ayam sangat empuk dan kaldu sangat beraroma. Masak selama 30 hingga 45 menit. Menambahkan buket grani terlalu dini dapat menyebabkan citarasa hilang sepenuhnya.

7. Angkat sayuran

Pindahkan ayam dan sayuran ke mangkuk besar dan bumbui kaldu dengan garam. Ambil daging ayam, buang kulit dan tulangnya. Daging dapat disajikan untuk sup atau disimpan untuk resep lainnya.

8. Saring kaldu

Lapisi saringan dengan kain tipis. Letakkan saringan di atas panci lain atau gelas ukur dan tuang kaldu ke dalamnya.

9. Simpan kaldu dan dinginkan

Pindahkan kaldu ke dalam toples atau wadah dan dinginkan hingga 5 hari atau bekukan hingga 3 bulan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4671 seconds (0.1#10.140)