Cegah Corona, Pemilik Kulit Bermasalah Bisa Terapkan Tips Cuci Tangan Ini

Selasa, 17 Maret 2020 - 09:07 WIB
Cegah Corona, Pemilik Kulit Bermasalah Bisa Terapkan Tips Cuci Tangan Ini
Cegah Corona, Pemilik Kulit Bermasalah Bisa Terapkan Tips Cuci Tangan Ini
A A A
JAKARTA - Saran medis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, seluruh warga dunia agar rajin mencuci tangan dengan pembersih berbasis alkohol atau sabun dan air. Itu adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Namun, penggunaan sabun secara konstan dapat mengeringkan tangan dan menyebabkan masalah pada kulit seperti eksim dan psoriasis.

Hal tersebut tentu juga merugikan buat orang dengan kondisi kulit yang kurang baik. Meski penting untuk mengikuti nasihat yang diberikan oleh WHO, Anda tetap harus mengambil beberapa langkah untuk meminimalisir efek pengeringan yang dapat terjadi pada kulit Anda.

Dikutip dari laman India Times, berikut adalah sejumlah tips untuk orang-orang dengan kondisi kulit yang kurang baik sekaligus cara bagi kita agar dapat merawat kulit setelah mencuci beberapa kali dalam sehari.

1. Lembabkan tangan setelah dicuci.
Penggunaan pembersih berbasis sabun dan alkohol secara terus-menerus bakal menyebabkan hilangnya minyak pada kulit sehingga kulit menjadi kering dan bersisik, kemudian menyebabkan dermatitis tangan iritan. Hal ini juga berlaku untuk orang dengan kulit tangan yang sehat. Maka, dianjurkan bagi semua orang untuk menggunakan pelembab setiap kali mereka selesai mencuci tangan.

2. Mengganti dengan sabun emolien.
Pelembab yang mengandung bahan antibakteri dapat digunakan untuk mendisinfeksi tangan Anda. Beberapa produk pelembab atau lotion ada yang berbusa dan dapat digunakan sebagai pengganti sabun. Pelembab berbusa ini lebih terasa lembut pada kulit dan bisa mencegah kulit mengering atau pecah. Hanya, krim semacam itu ternyata kurang efektif dibandingkan gel berbasis alkohol. Jika terpaksa menggunakan gel dan sabun berbahan dasar alkohol, penting bagi Anda untuk memakai emolien atau pelembab setelah mencuci tangan.

3. Keringkan tangan sampai tuntas.
Air juga memiliki efek pengeringan pada kulit tangan. Sering bersentuhan dengan air dapat mengurangi kadar minyak pada kulit Anda saat menguap. Karena itu, penting pula untuk mengeringkan tangan secara menyeluruh setelah dicuci. Selain itu, infeksi lebih cenderung membusuk dan menyebar dari tangan yang basah.

4. Gunakan pelembab sepanjang hari.
Penting untuk mengaplikasikan lotion segera setelah Anda mencuci tangan. Sama pentingnya dengan menjaga kelembaban kulit, khususnya pada tangan, sepanjang hari. Gunakanlah pelembab itu kapanpun Anda merasa kulit tangan mulai mengering dan bersisik. Cara ini bisa mengembalikan kadar minyak pada kulit dan menjaganya tetap sehat sepanjang hari.

5. Pakai sarung tangan saat kerjakan pekerjaan rumah.
Anda mungkin sulit untuk tak bersentuhan dengan sabun saat ingin mencuci tangan. Tidak apa-apa, karena untuk mencegah tangan jadi semakin kering, Anda masih bisa menghindari persinggungan dengan produk drying agent lain seperti sabun cuci baju atau sampo. Caranya adalah dengan memakai sarung tangan latex saat Anda ingin melakukan pekerjaan rumah yang bersinggungan dengan air dan sabun. Langkah seperti ini dapat mengurangi efek kering pada kulit serta menjaganya tetap lembut dan sehat. (deslita krissanta sibuea)
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5193 seconds (0.1#10.140)