Tips Membuat Siomay Nori untuk Cemilan Sore

Selasa, 17 Maret 2020 - 16:30 WIB
Tips Membuat Siomay Nori untuk Cemilan Sore
Tips Membuat Siomay Nori untuk Cemilan Sore
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan isian, mulai siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting atau campuran daging ayam dan udang.

Biasanya, bahan untuk isi dicampur siomay ini adalah sagu atau tapioka. Di beberapa daerah, siomay tidak selalu dibungkus dengan kulit dari tepung terigu atau kulit pangsit.

Untuk penyajian, siomay biasanya dihadirkan dengan beberapa jenis bahan pelengkap, mulai telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, kubis dan pare.

Sebelum dihidangkan, biasanya siomay dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat. Tahu bakso atau tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka juga dapat dimasukkan ke dalam jenis siomay.

Makanan ini umumnya dihidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu ini mencakup cabai merah, bawang putih, gula pasir, asam jawa, bawang putih, garam dapur, dan cuka.

Sewaktu disajikan, siomai bisa ditambahkan kecap manis, sambal dan perasan jeruk limau. Di sisi lain, Anda bisa mengkreasikannya dengan tambahan nori menjadi Siomay Nori. Menu ini bisa menjadi alternatif menyantap siomai yang berbeda dari biasanya. Anda pun bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Penasaran bagaimana membuatnya? Berikut resep membuatnya seperti dikutip Endeustv. (Baca juga: Kreasi Tak Biasa: Tahu Panggang Wijen Pedas ).

Bahan-bahan:
40 lembar nori ukuran 8x8 cm
50 g kacang polong

Bahan adonan isi:
250 g ikan tenggiri
300 g udang kupas
200 g fillet dada ayam, potong-potong
2 butir telur kocok lepas
2 sdm kecap ikan
150 ml air hangat
2 batang daun bawang cung, iris halus
1½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 ½ sdt gula pasir
2 sdt minyak wijen
1½ sdm minyak goreng
150 g tepung kanji

Bahan saus:
1 sdt jahe cincang, tumis hingga harum
4 siung bawang putih cincang, tumis hingga harum
7 sdm saus pedas manis
1 sdt minyak wijen
75 ml air

Cara membuat:
Adonan isi, dalam food processor, haluskan ikan tenggiri, udang kupas, fillet dada ayam, dan telur kocok.

Tambahkan kecap ikan, air hangat, bahan bumbu, daun bawang, dan tepung kanji. Aduk rata. Ambil dua lembar nori, taruh 2 sdm adonan isi.

Taruh kacang polong di atasnya, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan. Kukus siomai dalam dandang panas hingga matang. Angkat, sajikan segera bersama saus.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)