BULOG-GULAKU Bahu-Membahu Stabilkan Stok Pangan

Minggu, 22 Maret 2020 - 15:30 WIB
BULOG-GULAKU Bahu-Membahu Stabilkan Stok Pangan
BULOG-GULAKU Bahu-Membahu Stabilkan Stok Pangan
A A A
JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) bersama produsen GULAKU, Sugar Group Companies (SGC), menggelar Operasi Pasar Stok Pangan dalam rangka menjalankan Gerakan Stabilisasi Pangan di 50 titik di wilayah DKI Jakarta, Banten, serta Lampung. Gerakan ini dilakukan serentak mulai 18 hingga 24 Maret 2020.

Hal tersebut merupakan bentuk komitmen GULAKU bersama BULOG yang ingin bahu-membahu menjaga stabilisasi ketersediaan bahan pokok makanan bagi masyarakat di tengah adanya pembatasan kegiatan menghadapi pandemi COVID-19.

Dikutip dari siaran pers GULAKU bahwa di Jakarta, Banten, maupun Lampung harga gula yang diproduksi GULAKU dijual seharga Rp12.500 per kilogram. Nominal ini sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah dan jauh lebih rendah dari harga di pasaran yang menyentuh angka Rp18.000 per kilogram. Namun, pembelian untuk masing-masing konsumen dibatasi maksimal 2 kilogram. Pembatasan itu demi menghindari praktik spekulan yang membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali dengan harga tinggi.

Di Jakarta dan Banten, Operasi Pasar Stok Pangan digelar di 35 titik selama tujuh hari. Per hari disiapkan 10 ton gula untuk memenuhi kebutuhan di lima titik operasi. Sedangkan untuk di Lampung, gula dengan harga terjangkau ini didistribusikan di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Direktur Sugar Group Companies Irwan Ang mengatakan, pihaknya menyiapkan 10 ton gula per hari untuk membantu Operasi Pasar ini dan siap menambah pasokan jika jumlah tersebut dirasa masih kurang.

“SGC selalu memiliki perencanaan untuk menyiapkan stok, termasuk untuk puasa dan Lebaran 2020, sehingga tidak terjadi kekurangan gula di pasaran, terutama di hari-hari raya. SGC berkomitmen menjaga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat. Jadi, mau operasi pasar di mana pun tempatnya, kami akan siapkan,” katanya.

Adapun jadwal Operasi Pasar Stok Pangan di Provinsi Lampung masih akan berlangsung pada Senin (23/3) besok di Pasar 16 C Metro, setelah sebelumnya sudah dilaksanakan operasi serupa di tiga lokasi lain.

Sementara untuk wilayah Jakarta dan Banten, Operasi Pasar Stok Pangan masih berlangsung pada Minggu (22/3) hingga Selasa (24/3) mendatang. Kegiatannya berlangsung di Pasar Ciracas, Pasar Lenteng Agung, Pasar Joharbaru, Pasar Rawa Badak, dan Pasar Asem Reges. Sedangkan untuk Senin (23/3) besok, operasi akan dilakukan di Pasar Palmeriam, Kantor Kelurahan Bukit Duri, Kantor Kecamatan Tanah Abang, Pasar Pademangan Barat, dan Pasar Tambora. Dilanjutkan keesokan harinya di Pasar Pondok Bambu, Pasar Bukit Duri, Pasar Gondangdia, Pasar Tugu, dan Pasar Slipi.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8151 seconds (0.1#10.140)