Jaga Kulit Tetap Sehat Saat Sering Cuci Tangan

Kamis, 26 Maret 2020 - 20:30 WIB
Jaga Kulit Tetap Sehat Saat Sering Cuci Tangan
Jaga Kulit Tetap Sehat Saat Sering Cuci Tangan
A A A
JAKARTA - Dengan adanya wabah corona atau COVID-19, para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mengajak semua orang untuk sering mencuci tangan. Hanya, sering cuci tangan bisa menyebabkan masalah pada kulit.

“Baik saat pandemi virus corona meningkat cepat atau di musim apapun, mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan infeksi,” ujar profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington, Amerika, Dr. Adam Friedman seperti dilansir laman Healthline.

Cuci tangan memang sangat penting agar kita selalu bersih dan terhindar dari berbagai kuman. Namun, kita juga tetap harus memperhatikan kesehatan kulit. Jika diterapkan dengan cara yang salah, bukan tidak mungkin cuci tangan malah membuat kulit rusak.

Berikut tips cuci tangan yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga.

1. Cuci dengan air hangat.
Direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika, Daniela Kroshinsky, menyarankan agar kita mencuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air.

“Pastikan untuk menyentuh telapak tangan, punggung tangan, jari-jari, di sela-sela jari, pergelangan tangan, dan kuku,” kata Kroshinsky. Ia juga menyarankan agar membasuh tangan dengan air hangat.

2. Gunakan sabun cair.
Para ahli menyarankan agar kita menghindari cuci tangan dengan sabun batangan, dan sebaiknya memakai sabun cair karena diyakini cukup baik di kulit.

3. Oleskan pelembab.

Ketika air tidak menyerap ke dalam kulit, hasilnya kulit menjadi lebih kencang dan kering. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda segera memakai krim tangan sesudah mencuci tangan.

4. Kenakan sarung tangan.
Selain mengoleskan pelembab ke kulit setelah dicuci, para ahli menyarankan agar merendam tangan Anda dalam air biasa selama 5 menit, lalu oleskan pelembab, dan kenakan sarung tangan selama 1 hingga 2 jam karena sarung tangan akan menjaga tangan Anda tetap lembab selama 6 hingga 8 jam.

5. Gunakan balsem kulit.
Jika Anda menderita beberapa gangguan kulit seperti eksim dan kulit kering, maka kulit Anda menjadi semakin kering atau pecah-pecah karena terlalu sering dicuci. Para ahli menyarankan untuk memilih balsem kulit dan memakainya langsung ke daerah kulit yang pecah-pecah.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6849 seconds (0.1#10.140)