Punya Darah Tinggi? Ini Tips Merawat Diri Selama Pandemi Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:12 WIB
Punya Darah Tinggi? Ini Tips Merawat Diri Selama Pandemi Corona
Punya Darah Tinggi? Ini Tips Merawat Diri Selama Pandemi Corona
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona yang telah menelah korban jiwa membuat pemerintah mengambil langkah-langkah, seperti jaga jarak dan di rumah saja. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus.

Pada saat seperti ini, penting untuk menjaga kesehatan. Rumah sakit pun sudah dibanjiri dengan pasien virus corona. Banyak juga yang menutup OPD untuk memastikan orang lain tidak tertular virus dan mereka memiliki staf medis yang cukup untuk memenuhi peningkatan penerimaan pasien covid-19.

Orang dengan kondisi mendasar seperti tekanan darah tinggi, juga lebih rentan terhadap penyakit. Mereka berada pada risiko lebih tinggi terkena gejala parah yang juga mengancam jiwa, yang menyerukan agar mereka merawat diri mereka dengan lebih baik saat mereka di rumah.

Lalu, bagaimana mereka yang memiliki tekanan darah tinggi ini bisa merawat diri mereka sendiri selama berada di rumah? Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Pantau tekanan darah
Langkah pertama adalah mengetahui apakah Anda menderita tekanan darah tinggi dan sejauh mana Anda perlu berhati-hati. Mengambil bacaan harian dapat membantu memantau fluktuasi tekanan darah secara teratur. Ini membantu dalam menciptakan gaya hidup yang terbaik untuk kesehatan. Anda bisa tahu kebiasaan apa yang memicu tekanan darah Anda dan kemudian mengambil langkah-langkah untuk menguranginya.

2. Jaga pola makanan
Sementara selama di rumah, kita juga cenderung ngemil lebih banyak. Makanan yang biasa dikonsumsi biasanya yang mudah dibuat dan biasanya bisa menambah kesengsaraan tekanan darah tinggi. Sementara, Anda harus mencakup banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Pastikan makanan yang dikonsimsi rendah garam, gula dan lemak jenuh. Anda juga disarankan untuk menghindari alkohol dan merokok untuk menjaga mengatasi tekanan darah.

3. Pertahankan berat badan yang sehat
Sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan selama di rumah. Cobalah dan berolahraga secara teratur. Anda dapat mengikuti latihan sederhana yang tersedia secara online.

Dianjurkan untuk menambahkan latihan aerobik dan kekuatan sebagai bagian dari rutinitas Anda. Berolahragalah selama dua atau dua setengah jam setiap minggu untuk mempertahankan tekanan darah.

4. Hindari stres

Terlepas dari semua ini, penting untuk tidak stres selama karantina. Pertahankan siklus tidur yang sehat dan hindari begadang untuk membantu Anda mengalahkan virus dan risiko kesehatan yang ditimbulkannya bagi orang-orang dengan kondisi mendasar seperti tekanan darah tinggi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2701 seconds (0.1#10.140)