Yuk Buat Kreasi Minuman Jahe Hangat yang Berkhasiat

loading...
Yuk Buat Kreasi Minuman Jahe Hangat yang Berkhasiat
Yuk Buat Kreasi Minuman Jahe Hangat yang Berkhasiat
JAKARTA - Minuman jahe hangat atau wedang jahe saat ini sedang digandrungi masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Variasi minuman jahe tradisional bisa Anda temukan dalam bentuk wedang jahe, ronde, hingga sekoteng.

Anda pun bisa mengkreasikan minuman jahe yang lebih mudah dengan bahan yang ada di rumah. Kreasi pertama minuman jahe adalah mengombinasikannya dengan jeruk lemon menjadi minuman yang cocok dinikmati pada pagi hari. Apalagi untuk ibu hamil yang kerap merasakan mual atau morning sickness, mengonsumsi jahe bersama perasan jeruk lemon bisa meredakan mual.

Cara membuat minuman jahe lemon sangat mudah. Pertama, bersihkan beberapa ruas jahe, kemudian geprek dan rebus dengan air hingga mendidih. Selanjutnya, campurkan sari minuman jahe yang sudah mendidih tadi dengan perasan jeruk lemon. Minuman jahe lemon pun bisa lebih sederhana dibuat karena saat ini banyak dijual jahe bubuk sehingga tinggal diseduh, lalu campurkan perasan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C.

Rempah yang dikenal sebagai antibiotik alami ini memiliki beberapa jenis, seperti jahe putih dan jahe merah. Jahe merah, menurut beberapa penelitian, memiliki manfaat yang lebih baik. Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat antiperadangan. Jadi, tidak hanya meredakan gejala batuk, mengonsumsi jahe merah juga efektif menyembuhkan sakit tenggorokan, terutama radang. Karena itu, sesekali minuman jahe Anda di rumah bisa menggunakan bahan dasar jahe merah.



Jahe merah yang kaya akan khasiat juga cocok jika dibuat minuman jahe madu. Madu selain sebagai pemanis alami, juga punya khasiat dan sebagai sumber energi tubuh. Madu juga menjadi tambahan stamina, apalagi kandungan vitamin C di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh di tengah kondisi pandemi korona.

Madu yang ditambahkan pada jahe pun ikut membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan. Kandungan dekstrometorfan dalam madu dapat meredakan batuk dan memberikan ketenangan saat tidur. Karena itu, minuman jahe madu cocok dikonsumsi sebelum Anda tidur.

Kreasi minuman jahe selanjutnya adalah mencampur rempah jahe dengan susu. Tambahkan air jahe yang sudah direbus mendidih dengan satu cangkir susu murni yang di dalamnya mengandung beragam nutrisi, yakni kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium, dan vitamin B12. Tentu saja selain akan membuat tenggorokan hangat, perpaduan jahe dengan susu juga akan memberikan beragam nutrisi untuk menambah daya tahan tubuh.



Minuman jahe lainnya yang direkomendasikan adalah perpaduan Jahe dengan rempah alami lainnya, seperti sereh dan kayu manis. Rempah kayu manis dari sisi kesehatan dan kecantikan bisa dijadikan obat-obatan alternatif. Konsumsi kayu manis diyakini bisa membantu mengurangi lemak atau lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makan makanan berlemak tinggi yang mengakibatkan bertambahnya berat badan.

Berbagai masalah kesehatan dapat diatasi dengan kayu manis, tetapi tentu saja penggunaannya tidak boleh berlebihan. Sementara untuk rempah serai yang dicampurkan pada minuman jahe akan mencegah infeksi, menurunkan kolesterol, dan menenangkan. Kandungan dalam serai, di antaranya asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin C, kalium, besi, mangan, akan memberikan dampak imunitas tubuh menjadi kuat. Serai yang ditambahkan pada minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat, seperti antijamur, antipiretik, analgesik, serta antioksidan.

Jadi, tidak ragu dan tidak bosan lagi untuk mengonsumsi minuman jahe, bukan? Selain untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai virus dan penyakit, minuman jahe dengan tambahan beragam bahan tadi juga punya banyak fungsi lain. Namun, untuk konsumsi jahe sehari-hari sebaiknya tidak lebih dari takaran yang dianjurkan dokter. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi jahe pun berdampak pada pencernaan seperti diare. (Dyah Ayu Pamela)
(ysw)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top