5 Cara Berbelanja Bahan Makanan dengan Aman Saat Pandemi Virus Corona

Senin, 06 April 2020 - 07:30 WIB
5 Cara Berbelanja Bahan Makanan dengan Aman Saat Pandemi Virus Corona
5 Cara Berbelanja Bahan Makanan dengan Aman Saat Pandemi Virus Corona
A A A
JAKARTA - Pandemi virus korona telah menginfeksi 1 juta orang di seluruh dunia. WHO pun menyerukan langkah-langkah ekstrem, seperti menjaga jarak sosial untuk membantu mencegah penyebaran. Bersamaan dengan itu, langkah-langkah untuk kebersihan pribadi dan disinfektan permukaan yang biasa digunakan untuk memastikan Anda tidak tertular virus.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang tingkat desinfeksi yang diperlukan oleh bahan makanan sebelum dapat digunakan. Selain itu, bahan makanan adalah sesuatu yang harus dibeli. Beberapa orang mengatakan bahwa desinfektan bahan makanan dan tempat menjadi sangat penting, namun, para ahli mengatakan bahwa tindakan seperti itu tidak diperlukan.

Sebagai tindakan pencegahan yang harus diambil saat melangkah keluar untuk membeli bahan makanan, ada yang harus dilakukan. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Batasi perjalanan Anda
Meskipun keluar rumah untuk membeli bahan makanan adalah rutinitas penting yang harus Anda lakukan, cobalah untuk kurangi. Persediaan pada beberapa hal penting agar Anda tidak harus pergi ke toko setiap hari.

Rencanakan juga kunjungan Anda ke toko di luar jam sibuk. Semakin sedikit jumlah orang di toko, semakin kecil kemungkinan Anda tertular infeksi. Ingatlah untuk menjaga jarak aman dari pembeli lain.

2. Bersihkan tangan sesudah belanja
Sentuh hanya apa yang Anda harus, di toko kelontong. Dianjurkan untuk mendisinfeksi pegangan gerobak sebelum Anda mulai berbelanja. Ingatlah untuk segera mencuci tangan setelah kembali ke rumah.

Disarankan juga untuk tidak menyentuh ponsel Anda atau mendisinfeksi dengan benar sebelum mulai menggunakannya. Beberapa orang memakai sarung tangan saat mereka keluar. Meskipun sarung tangan memberikan lapisan lain antara dunia luar dan tangan, Anda masih bisa terkena infeksi jika menyentuh wajah dengan sarung tangan menyala.

3. Anda tidak perlu membersihkan kemasan makanan
Virus dapat hidup pada material selama beberapa jam. Namun, jumlah virus pada kemasan sebenarnya sangat kurang. Alih-alih membasmi kuman kemasan makanan, pembeli harus mencuci tangan dengan seksama setelah menyentuh permukaan atau benda apa pun yang mungkin telah ditangani oleh orang lain. Tidak ada bukti penularan melalui kemasan makanan. Produk hanya boleh dicuci dengan air tanpa menggunakan agen pembersih seperti sabun cuci piring.

4. Jangan pergi ke toko, jika Anda mengalami gejala
Dianjurkan untuk tidak keluar ke tempat umum, bahkan toko jika Anda telah melakukan kontak atau telah merawat seseorang dengan infeksi. Penyebaran penyakit juga dapat terjadi selama tahap asimptomatik ketika pasien tidak menunjukkan gejala apa pun. Ini jelas paling menular ketika gejala mulai terlihat. Anda harus benar-benar mengisolasi diri sendiri jika Anda mengalami gejala.

5. Barang belanjaan dikirim

Penyakit corona mempengaruhi orang tua dan orang-orang dengan kondisi kronis yang mendasari lebih parah daripada orang lain. Ini membutuhkan lebih banyak tindakan pencegahan untuk dilakukan. Jadi, disarankan agar Anda tidak keluar dan mengirimkan barang belanjaan Anda. Minta orang untuk meninggalkan bahan makanan di depan pintu dan mengambil tindakan pencegahan jarak sosial yang memadai bahkan ketika mengambil bahan makanan dari mereka. Bersihkan semua permukaan dan cuci tangan sampai bersih setelah menyimpan bahan makanan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)