alexametrics

Bosan Makan Ayam? Yuk, Buat Opor Tempe Bakar

loading...
A+ A-
JAKARTA - Bunda sudah memiliki ide untuk memasak hari ini? Jika belum, yuk buat opor untuk makan bersama keluarga tercinta. Berbeda dari opor biasanya, opor kali ini Anda tidak menggunakan ayam, daging sapi atau ikan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan tempe bakar.

Untuk urusan rasa tidak perlu diragukan lagi. Tentunya sudah pasti nikmat dan menggoyang lidah. Apalagi jika dimakan bersamaan dengan nasi putih hangat. Tertarik untuk mencicipinya? Berikut resep membuat opor tempe bakar seperti dikutip dari akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:
Bahan 1:

10 bungkus tempe, bakar sesaat hingga harum, potong serong
5 buah cabe hijau, rajang serong
5 buah cabe merah, rajang serong
10 buah petai, belah menjadi 2 bagian
100 g buncis, potong 3 cm
30 g teri besar, goreng kering



Bahan 2:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk

Bahan 3:
6 sdm minyak goreng
500 ml santan sedang kentalnya
1 saset Desaku Bubuk Opor
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml santan kental

Bahan 4:
2 sdm bawang goreng

Cara membuat:
Ulek bawang merah dan bawang putih hingga halus. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan serai dan daun jeruk. Larutkan 1 saset Desaku Bubuk Opor dengan santan sedang kental, aduk rata.

Tuang larutan bumbu ke dalam tumisan, aduk hingga bumbu larut dan mengembang. Masukkan garam dan gula pasir, aduk hingga garam dan gula pasir larut. Masukkan tempe bakar dan petai, aduk hingga aroma langu petai hilang. Masukkan teri dan buncis, aduk hingga buncis cukup matang.

Masukkan cabe hijau dan cabe merah, aduk hingga aroma langu cabe hilang. Masukkan santan kental, masak hingga mulai mendidih, matikan api. Taburi dengan bawang goreng dan hidangkan selagi panas.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak