alexametrics

10 Langkah Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama di Rumah Aja

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pandemi virus corona atau COVID-19 mengharuskan Anda untuk tetap di rumah. Kondisi ini bisa membuat makan Anda menjadi tak terkontrol sehingga berat badan pun semakin meningkat.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan berlebihan atau stres dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sementara, beberapa orang berpikir bahwa jarang makan akan membatasi kalori dan tidak menambah berat badan. Faktanya, kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Pasalnya, jika tidak makan dengan benar, Anda berpikir mengonsumsi lebih sedikit kalori, dan karenanya, itu akan membantu menurunkan berat badan. Namun, sebaliknya. Tidak makan makanan yang tepat, atau tidak makan pada waktu yang tepat, dapat menyebabkan mengidam, dan gula darah rendah. Ketika ini terjadi, Anda cenderung makan sesuatu yang manis, untuk membantu gula darah naik secara instan.



Hal ini juga cenderung menyebabkan makan berlebihan ketika Anda akhirnya makan karena belum memperhatikan rasa lapar pada waktu yang tepat. Tidak makan pada waktu yang tepat juga dapat mengacaukan pencernaan.

Ketika tidak makan dengan benar atau makan sangat sedikit, tubuh mengirimkan pesan kepada metabolisme untuk memperlambat konsumsi kalori, karena ada sedikit atau tidak ada pasokan kalori.

Seiring waktu, metabolisme melambat, dan berat badan bertambah saat kembali ke rutinitas rutin. Kadar gula darah rendah juga bisa menyebabkan hipersomnia, karena Anda merasa malas dan kurang energi untuk melakukan pekerjaan apa pun, tidur menjadi pilihan untuk memberi tubuh istirahat tambahan. Lantas bagaimana cara untuk menjaga berat badan karena kebiasaan makan yang buruk dan tidur berlebihan? Berikut tips yang bisa diikuti untuk menjaga kenaikan berat badan seperti dilansir Times Now News.

1. Ikuti jadwal tidur yang tepat, hindari tidur siang hari.
2. Nikmati sarapan sehat yang mengenyangkan untuk menghindari rasa lapar di siang hari.
3. Makan siang ringan, jadi Anda tidak perlu tidur siang setelah makan.
4. Tetap terhidrasi.
5. Sertakan olahraga rutin dalam jadwal Anda, seperti yoga salah satunya.
6. Tingkatkan kewaspadaan dengan meditasi dan latihan pernapasan untuk menghilangkan stres.
7. Hindari mengemil makanan yang tidak sehat dan kemasan.
8. Makan dalam porsi kecil dan sering, terutama jika menderita diabetes.
9. Cobalah untuk makan makanan seimbang mencakup buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran berserat.
10. Makanlah makan malam ringan dan hindari camilan tengah malam.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak