Gaya Hidup Sehat Dapat Membantu Mencegah Meningitis

loading...
Gaya Hidup Sehat Dapat Membantu Mencegah Meningitis
Gaya Hidup Sehat Dapat Membantu Mencegah Meningitis
JAKARTA - Meningitis seperti yang diidap penyanyi Glenn Fredly dapat dicegah dengan beberapa cara. Mempertahankan gaya hidup sehat menjadi salah satu bentuk pencegahan yang penting dilakukan.

Agar terhindar dari meningitis, maka dibutuhkan istirahat yang cukup, tidak merokok dan menghindari kontak dengan orang sakit. Akan tetapi, jika Anda telah melakukan kontak dekat dengan satu atau lebih orang yang memiliki infeksi meningokokus bakteri, dokter dapat memberikan antibiotik pencegahan.

Dilansir Healthline, pemberian vaksinasi juga dapat melindungi diri terhadap jenis meningitis tertentu. Adapun vaksin yang dapat mencegah meningitis meliputi vaksin haemophilus influenzae tipe B yang membantu melindungi terhadap Hib, vaksin konjugasi pneumokokus membantu melindungi terhadap S. pneumoniae dan vaksin meningokokus membantu melindungi terhadap N. meningitis.

Hingga saat ini, vaksin adalah cara paling efektif untuk melindungi terhadap beberapa jenis meningitis bakteri. Karena itu, pastikan Anda dan anak Anda divaksinasi sesuai jadwal.



Seperti vaksin apapun, vaksin yang melindungi terhadap bakteri ini tidak 100% efektif. Vaksin juga tidak melindungi terhadap semua jenis (strain) dari masing-masing bakteri. Untuk alasan ini, masih ada kemungkinan orang yang divaksinasi dapat mengembangkan meningitis bakteri.

Wanita hamil harus berbicara dengan dokter atau bidan mereka tentang mendapatkan diuji untuk kelompok B Streptococcus . Wanita menerima tes ketika mereka hamil 36 hingga 37 minggu. Dokter memberikan antibiotik (selama persalinan) kepada wanita yang dites positif meningitis untuk mencegah penularan grup B ke bayi mereka.

Wanita hamil juga dapat mengurangi risiko meningitis yang disebabkan oleh L. monocytogenes. Caranya adalah dengan menghindari makanan tertentu selama kehamilan dan secara aman menyiapkan makanan lain.



Mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik juga dapat membantu mencegah meningitis. Pasalnya, beberapa jenis meningitis menyebar melalui kontak dekat dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti air liur dan sekresi hidung. Hindari berbagi minuman, peralatan, dan barang-barang pribadi yang dapat membawa air liur atau cairan lain.

Ambil langkah-langkah ini untuk mencegah meningitis. Meningitis merupakan infeksi langka yang menyerang membran halus atau disebut meninges yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini bisa diidap oleh siapa saja, baik anak-anak atau usia dewasa. Meningitis dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges terinfeksi.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top