Pameran Teh Internasional Digelar di Bandung

Selasa, 28 Oktober 2014 - 09:03 WIB
Pameran Teh Internasional Digelar di Bandung
Pameran Teh Internasional Digelar di Bandung
A A A
KABAR gembira untuk pencinta teh di Indonesia. Pada awal November nanti, pameran teh bertaraf internasional akan diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Keseluruhan acara ini akan berlangsung pada 3 hingga 7 November. Acara bertajuk “Bandung International Tea Convention” (BITC) ini diselenggarakan oleh Dewan Teh Indonesia.

Pada 3 November akan digelar Asia Africa Tea Gathering, di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Pada acara ini, delegasi dari Afrika yang diwakili Kenya, Asia diwakili India, dan banyak negara lainnya hadir untuk membicarakan isu tentang teh yang beredar, bagaimana memajukan komoditas teh, meningkatkan kesejahteraan para petani teh, dan lainnya.

"Kesejahteraan petani teh akan dibicarakan dan kami perhatikan juga karena 70% teh yang ada di seluruh dunia berasal dari petani dan bukan dari produsen atau perkebunan besar pengelola teh," kata Ratna Soemantri, Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia, seperti dikutip Okezone.

Lebih lanjut dia menambahkan, dijadikannya Indonesia sebagai tuan rumah dalam acara tersebut merupakan sebuah peluang besar untuk lebih memperkenalkan bahwa Indonesia memiliki kualitas teh yang bagus. Ini juga menandakan bahwa Indonesia sudah siap untuk bersaing di industri teh Indonesia.

Saat ini sudah ada 25 negara yang dipastikan akan hadir di BITC. Mereka berasal dari asosiasi teh dari berbagai negara, produsen teh, dan konsumen teh. Pameran teh ini juga akan dihadiri lebih dari 25 negara yang masing-masing akan mempromosikan hasil teh yang berasal dari negaranya.

"Ini juga kesempatan yang bagus untuk produsen teh di Indonesia, bukan hanya produsen besar, produsen teh lokal juga akan hadir. Mereka bisa saling tukar pikiran, memperluas koneksi, dan kegiatan positif lainnya," pungkasnya. Ini merupakan kali pertama konferensi diadakan di Indonesia. Didapuknya Kota Bandung sebagai tuan rumah dalam acara ini karena Jawa Barat merupakan penghasil teh terbesar di Indonesia, sekitar 80% berasal dari tanah Parahyangan ini.

BITC merupakan salah satu rangkaian acara dari Intergovernmental Group on Tea yang merupakan acara tahunan dari Food Agricultur Organization (FAO). Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dan rencananya akan berlangsung pada 5-7 November. Pameran akan berlangsung di hotel Grand Panghegar Bandung dan dibuka untuk umum pada 3 sampai 4 November.

April/okezone
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5854 seconds (0.1#10.140)