Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung Bikin Penasaran

Kamis, 30 Oktober 2014 - 14:01 WIB
Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung Bikin Penasaran
Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung Bikin Penasaran
A A A
JAKARTA - Ada saja mitos yang melekat pada suatu obyek wisata di Indonesia. Akan tetapi mitos-mitos itu tidak selalu berusia tua. Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung merupakan mitos termuda di Indonesia, mengingat jembatan tersebut baru dibangun pada tahun 2005.

Yang pastinya Jembatan Cinta Pulau Tidung memang punya daya tarik tersendiri. Karena cerita jembatan cinta inilah tidak sedikit para wisatawan yang tertarik untuk datang ke Pulau Tidung, seperti Wisata Pulau Pari yang terkenal dengan pasir perawannya.

Jembatan Cinta Pulau Tidung itu sendiri menjadi sebuah penghubung antara pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil, seakan sebuah penyatu jalinan cinta kasih dua sejoli yang tak ingin dipisahkan oleh lautan. Pulau Tidung Besar dan Pulai Tidung Kecil memang mempunyai keunikan, tidak seperti Pulau Pramuka dan Pulau Panggang.

Dari atas Jembatan Cinta anda dapat dimanjakan oleh pemandangan ikan dan karang yang beraneka warna. Bagi yang bernyali dapat melompat dari atas jembatan cinta dengan ketinggian sekitar 10 meter. Jembatan Cinta membentang dari dari barat ke timur menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dengan panjang sekitar 800 meter berdiri di atas kokoh di atas cekungan laut (goba) yang dalam lautnya mencapai belasan meter.

Liburan ke Pulau Tidung yang menyenangkan dan lancar bisa membuat Anda maupun keluarga menjadi rileks dan akan meninggalkan kesan yang indah. Namun, akibat kurangnya persiapan, bisa jadi Anda lupa membawa perlengkapan berlibur yang penting bagi Anda.

Atau bahkan Anda jatuh sakit saat menikmati wisata di Pulau Tidung sehingga anda tidak dapat menikmati acara rekreasi di pulau tidung. Hal yang juga sering terjadi adalah penuhnya fasilitas penginapan dan kendaraan sewaan di tempat berlibur yang ada di Pulau Tidung, sehingga Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk mencari tempat penginapan atau kendaraan sewaan.

Sebelum Anda berlibur ke Pulau Tidung, buat perencanaan dan persiapan yang matang jauh hari di muka. Memang mempersiapkan liburan di awal cukup merepotkan. Tetapi, dengan melakukan hal ini akan membuat liburan ke Pulau Tidung menjadi lebih baik. Persiapan liburan merupakan faktor penentu agar liburan Anda ke Pulau Tidung berkesan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan berlibur sebagaimana dikutip dari tourismnews yaitu:

- Persiapan liburan sejak jauh hari
Lakukan persiapan jauh-jauh hari. Karena jika tiba-tiba Anda mengubah tujuan tempat wisata, maka Anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukannya.

- Booking Penginapan
Pastikan Anda sudah memesan tempat penginapan di Pulau Tidung sebelum masa liburan. Jika Anda berlibur tanpa menggunakan kendaraan pribadi, pesan juga kendaraan sewaan di tempat berlibur jika Anda ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Biasanya penginapan maupun kendaraan sewaan di Pulau Tidung telah dipesan jauh di muka oleh banyak wisatawan.

- Cari informasi panduan wisata
Mulailah mencari panduan wisata di lokasi wisata yang ada di Pulau Tidung. Informasi tempat wisata bisa Anda dapatkan di situs web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman, dan media lainnya. Gali informasi seperti kebiasaan penduduk Pulau Tidung, hal yang unik di Pulau Tidung, maupun lokasi wisata terdekat di area yang sama. Tentu hal ini membuat liburan Anda ke Pulau Tidung lebih bermakna dan berkesan.

- Daftar barang bawaan
Mulailah mencatat barang bawaan apa saja yang akan dibawa. Tujuannya agar tidak ada yang terlupakan. Bayangkan di tempat berlibur ternyata kamera Anda tertinggal, tentu liburan Anda bisa cepat terlupakan. Benda-benda seperti kertas, spidol, atau pensil meski terlihat tidak penting, bisa juga dibawa. Anda bisa menggambar peta wisata Pulau Tidung, rencana tujuan, maupun mencatat hal-hal penting selama di perjalanan.

- Bawa barang yang bermanfaat
Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan sehingga membuat Anda tidak leluasa. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti. Jangan sampai barang-barang tersebut membuat mobilitas Anda terganggu. Karena itu, buat perkiraan yang terbaik untuk barang bawaan Anda sesuai dengan kondisi yang ada.

Menjelang hari keberangkatan, Anda juga bisa membuat persiapan akhir. Khususnya mempersiapkan fisik Anda agar tidak kelelahan di tempat liburan atau di tempat rekreasi Pulau Tidung. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, khususnya jika Anda merencanakan berlibur bersama keluarga, adalah sebagai berikut:

- Tidur cukup
Upayakan tidur cukup menjelang hari Anda berangkat berlibur. Pada hari Anda berangkat berlibur ke pulau tidung, biasanya kondisi fisik akan cukup lelah karena perjalanan melalui laut. Bisa jadi ada delay waktu keberangkatan ke Pulau Tidung yang membuat Anda menunggu cukup lama sehingga Anda kelelahan. Perubahan cuaca di Pulau Tidung juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan fisik Anda agar tidak jatuh sakit saat berlibur.

- Makan yang benar
Sepekan menjelang berangkat berlibur, upayakan makan dan minum yang benar. Jika Anda di perjalanan dan mengalami gangguan di perut, tentu akan mengganggu perjalanan dan liburan Anda.

- Periksa barang bawaan
Semua barang bawaan yang telah Anda rencanakan jauh-jauh hari. Misalnya Anda bisa menyiapkan pakaian yang cocok, kamera, alat musik, mainan, buku, obat-obatan, kosmetik seperti tabir surya, dan berbagai barang lainnya yang membuat liburan Anda nyaman. Jangan lupa mempersiapkan cemilan untuk dinikmati selama di perjalanan.

- Obat-obatan
Jika Anda memiliki gangguan kesehatan khusus, seperti penyakit jantung atau hipertensi, ada baiknya Anda mempersiapkan obat untuk penyakit tersebut untuk membuat tindakan pencegahan di tempat berlibur, hindari minuman beralkohol dan kopi.

- Perjalanan ke Lokasi Liburan
Setelah semua persiapan selesai, tibalah waktunya untuk berangkat berlibur. Anda mungkin menempuh perjalanan berjam-jam menuju lokasi berlibur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6137 seconds (0.1#10.140)