Sepatu Klasik Kontemporer

Sabtu, 01 November 2014 - 10:59 WIB
Sepatu Klasik Kontemporer
Sepatu Klasik Kontemporer
A A A
ALAS kaki dengan gaya klasik memang kerap dijadikan inspirasi. Ide klasik yang sederhana, mulai bentuk sepatu loafer hingga boots dan flat terus dimodifikasi dengan napas kontemporer.

Berbagai label dan sepatu ciptaan para desainer masih mengambil kesan klasik kontemporer. Salah satunya label sepatu asal Inggris, Clarks, yang pada koleksi musim gugur/dingin 2014 memadukan substansi gaya klasik sekaligus kontemporer.

Boots potongan klasik merupakan satu di antara jenis sepatu kulit favorit Clarks lewat seri Movie Retro bergaya vintage. Clarks menginfus gaya koboi sekaligus biker karena menempatkan detail jahit dan quilted khas dari Clarks.

Orla Kiely, desainer asal Inggris, yang pada musim ini ikut mendesainnya, membawa boots paduan klasik kontemporer lewat koleksi Orla Dixie dan Orla Daphne.

Perancang yang dikenal sebagai “Queen of Prints” ini menyematkan karakter klasik lewat warna kemerahan seperti burgundy, oker, dan merah.

“Saya suka koleksi kedua di Clarks. Kami telah sepakat untuk juga membawa nada klasik warisan merek sebagai inspirasi yang diwujudkan dalam berbagai jenis sepatu,” sebut Kiely.

Jenis sepatu kasual bertumit rata dari Clarks hadir dengan menyisipkan gaya kontemporer. Hadir dalam nuansa klasik lewat seri Busby Jazz. Koleksi ini merupakan sepatu rahib dengan kesan elegan dan menempatkan aksen perforasi terbuat dari kulit tebal mengkilat. Lengkap dengan detail logam yang merupakan perpaduan sempurna dari gaya maskulin dan feminin.

Alas kaki bertumit sedang dari kesan klasik termasuk benda mode wajib untuk dimiliki. Seperti halnya sepatu Blues Melody dari Clarks yang merupakan platform shoes yang terbuat dari kulit mengkilat, bertumit gemuk, dan dihiasi rumbai ekstra panjang. Platform shoes sebagai alas kaki klasik yang tak lekang waktu sempat hadir di catwalk Pekan Mode Tokyo pada musim ini. Desainer Tamae Hirokawa membawa tampilan platform shoes menjadi lebih kekinian. Dalam rancangan busana yang rumit dan futuristik, platform shoes muncul dengan aksen warna metalik.

Gaya sepatu klasik sekaligus kontemporer dapat juga kita lihat lewat tampilan selebriti. Penyanyi country Taylor Swift, misalnya, sempat tampil melalui loafer shoes. Loafer shoes yang dipakai penyanyi tembang Shake it Off merupakan sepatu datar berwarna hitam. Loafer shoes dari label Miu Miu tersebut juga menampilkan detail kristal yang memberikan sepatu klasik sentuhan feminin yang modern.

Taylor Swift memakai loafer shoes bersama gaya street style yang kasual saat menghadiri acara di London pada 10 Oktober lalu. Adapun Kate Young, celebrity stylist yang terkenal dan memiliki banyak klien para pesohor Hollywood, termasuk di karpet merah, turut menyukai tampian sepatu klasik untuk para kliennya. “Saya sangat menyukai sepatu klasik dari Manolo Blahnik,” ujarnya.

Belum lama ini aktris Nicole Kidman juga ikut memakai tampilan sepatu klasik kontemporer saat menghadiri acara sebagai brand ambassador dari jam tangan Omega. Lewat tampilan gaun, Kidman memakai sepatu sandal klasik dari Christian Louboutin “Gwynitta” dalam palet hitam bermaterial kulit. Sepatu sandal setinggi 4 cm itu memiliki single sole strappy stiletto. Jika masih ingin mencari opsi lain untuk jenis klasik seperti yang dipakai oleh Kidman, sandal Stuart Weitzman bisa menjadi sebuah inspirasi klasik untuk alas kaki terbuka. Sepatu sandal dengan siluet minimalis dan tali di atas kaki ini memiliki hak stiletto setinggi 4 cm.

Weitzman, yang mulai merancang sepatu untuk pabrik sepatu ayahnya pada akhir 1950-an, terkenal kerap merancang gaya chic dan nyaman, salah satunya yang terlaris 50/50 boot . Dia juga kerap membuat sepatu berharga jutaan dolar yang dihiasi tatanan berlian dan dikenakan oleh nominator di Academy Awards.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)