Lukisan Alam Dieng Berikan Kenyamanan Wisata

Senin, 03 November 2014 - 09:48 WIB
Lukisan Alam Dieng Berikan Kenyamanan Wisata
Lukisan Alam Dieng Berikan Kenyamanan Wisata
A A A
WONOSOBO - Dieng plateau atau dikenal juga dengan nama dataran tinggi Dieng memiliki obyek wisata yang menarik dan beragam mulai dari wisata alam, sejarah maupun kekhasan adat istiadat dan budayanya. Wisata alamnya yang asri dan alami cocok bagi Anda yang merindukan suasana pegunungan sebagai alternatif berlibur.

Puing Sejarah yang tersisa di dataran Tinggi Dieng pun menarik untuk disimak. Latar belakang kisah yang melingkupinya bisa menjadi penambah wawasan selagi anda berwisata.

Tempat Wisata di Dieng yang cukup familiar di telinga para wisatawan adalah Telaga Warna Dieng, Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, serta Sunrise di Bukit Sikunir yang mempesona.

Namun selain tempat-tempat seperti yang disebutkan di atas, sesungguhnya Dieng juga menyimpan pesona lain yang menarik dan menantang untuk terus dijelajahi baik itu wisata alamnya. Sejarah serta Dinamika perkembangan Budaya yang terjadi di dataran tinggi berpenghuni tertinggi kedua setelah Nepal ini.

Suhu udara Dieng relatif Dingin berkisar antara 8 derajat celcius hingga 15 Derajat celcius, bahkan bisa mencapai 0 derajat pada malam hari di musim-musim tertentu. Meski begitu, tak menjadi menghalangi antusias Wisatawan yang statistik jumlah kunjungannya semakin hari semakin meningkat.

Beberapa peninggalan budaya dan alam yang dijadikan sebagai objek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, dan wajib disinggahi saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng diantaranya :

- Candi Dieng
Candi Dieng, Salah satu Jejak Perkembangan Sejarah Hindu Jawa Tengah. Terdiri dari Komplek Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Setyaki, Candi Dwarawati, dan Candi Bima.

- Telaga Dieng
Danau atau telaga bentukan alam sisa-sisa rekahan tanah akibat aktivitas vulkanik di Dieng. Antaranya lain, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Balekambang, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Merdada, Telaga Menjer.

- Kawah Dieng
Menyaksikan dahsyatnya gelegak lumpur panas disertai asap pekat lewat telaga-telaga Kawah yang tersebar di beberapa wilayah Dieng, yakni Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri

- Gunung Dieng
Pegunungan Dieng nan menghampar hijau menjadi daya tarik istimewa wisata tersendiri Khas dataran tinggi Dieng. Antaranya Gunung Prau, Bukit Sikunir dan Bukit Pangonan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3889 seconds (0.1#10.140)