Keelokan Situ Bagendit yang Menggoda

Selasa, 04 November 2014 - 06:39 WIB
Keelokan Situ Bagendit...
Keelokan Situ Bagendit yang Menggoda
A A A
GARUT - Situ Bagendit adalah sebuah danau yang berlokasi di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit adalah tempat wisata danau yang paling terkenal di Garut karena kualitas lingkungannya yang dalam kondisi baik dan kebersihannya yang terjaga.

Kegiatan wisata yang dapat anda nikmati di sini yaitu menikmati pemandangan, bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit, memancing, hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang.

Situ Bagendit sendiri menyimpan kisah legenda rakyat, dimana nama asal usul danau (situ) itu diambil dari nama seorang janda kaya yang tamak dan kikir sehingga masyarakat memanggilnya Bagende Endit (Nyi Endit). Karena kekikiran dan ketamakannya itu, suatu hari janda tersebut mendapat pelajaran dari seorang kakek tua, sehingga dia dan seluruh harta kekayaannya ditenggelamkan air.

Situ Bagendit bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk disinggahi di Garut. Dari tempat itu mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Cikuray Papandayan yang terlihat cukup jelas pada pagi hari. Untuk menjelajahi Situ Bagendit pengunjung bisa menyewa perahu rakit dan perahu kano atau perahu bebek air yang dikayuh sendiri mengelilingi danau. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 15-35 ribu.

Keunikan lainnya di sini adalah karena dikelilingi tanaman eceng gondok dan teratai. Selain itu jika semakin sore terpaan angin di tengah danau ini sangat kencang, sehingga seperti berada di tengah laut.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke kawasan wisata Situ Bagendit ini sekira 4 Km dari pusat Kota Garut. Jika pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kampung Mengger dan Garut-Limbangan dan juga ojeg.

Kualitas pemandangan dan tingkat keamanan sepanjang jalan di kawasan objek dan daya tarik wisata ini cukup baik. Mungkin penasaran dengan keelokan Situ Bagendit, Anda bisa mencobanya dengan pasangan atau keluarga Anda saat liburan tiba.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)