Sensasi Gurih Gurami Padang Pasir

Rabu, 05 November 2014 - 17:22 WIB
Sensasi Gurih Gurami Padang Pasir
Sensasi Gurih Gurami Padang Pasir
A A A
KENDAL - Sebuah menu unik disajikan di sebuah rumah makan di kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura). Sajian itu disebut gurami padang pasir, olahan ikan gurami goreng dengan taburan “pasir”. Penasaran dengan sensasi gurihnya?

Tentu saja, ikan gurami itu tidak ditaburi pasir betulan. Tapi, taburan pasir itu berupa tepung krispi berbumbu gurih yang mengundang selera.

Ikan gurami padang pasir ini bisa ditemukan di rumah makan Tirto Arum yang berada di jalur Pantura, tepatnya di Kendal, Jawa Tengah.

“Gurami padang pasir merupakan menu inovasi dari bahan ikan air tawar. Jika biasanya gurami hanya digoreng dan dibakar serta ditaburi saus asam manis, gurami padang pasir lebih menonjolkan sensasi gurih dan renyah dari taburan pasirnya,” ungkap pemilik rumah makan Sri Sarwo Utomo.

Untuk membuatnya, ikan gurami yang telah dibersihkan dibelah kemudian dibaluri tepung dan digoreng hingga kering. Kemudian, peraciknya akan membuat “pasir” taburannya dari telur yang dicampur bumbu yang kemudian digoreng dalam minyak panas.

Penyajiannya pun cukup sederhana. Ikan gurami yang telah digoreng kering disajikan di atas piring dan kemudian ditaburi “pasir” krispi tersebut.

Pemilik rumah makan mengaku, ide menyediakan menu ini berasal dari kreativitas stafnya. Setelah serangkaian uji coba, mereka akhirnya berhasil menciptakan menu baru itu.

Gurami padang padang pasir ini nikmat disajikan dengan sambal serta lalapan. Bagi penikmatnya, gurami padang pasir mempunyai rasa yang berbeda dengan olahan ikan gurami lainnya.

Wikha Setiawan, misalnya. Warga Jepara ini mengaku ketagihan dengan santapan ini. Sudah lebih dari sekali dia menyantap ikan ini. Rasanya yang gurih dan tidak amis serta taburan krispinya yang renyah membuat gurami padang pasir ini layak dijadikan menu wajib saat singgah di Pantura.

Apalagi harganya pun cukup terjangkau, yaitu Rp80.000/kg. Biasanya satu kg ikan gurami berisi dua atau tiga ekor berukuran sedang dan bisa dinikmati untuk empat orang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9767 seconds (0.1#10.140)