Renyahnya Dendeng Daun Singkong Nonkolestrol

Sabtu, 15 November 2014 - 07:10 WIB
Renyahnya Dendeng Daun Singkong Nonkolestrol
Renyahnya Dendeng Daun Singkong Nonkolestrol
A A A
PADANG - Jika mendengar kata dendeng, pasti yang pertama diingat adalah menu makanan berbahan dasar daging sapi yang renyah dan gurih. Namun, ternyata ada dendeng yang bahan dasarnya daun singkong.

Tak jauh-jauh dari daerah asalnya di Padang, Sumatera Barat, dendeng daun singkong yang diracik dan diolah dengan bumbu khusus sehingga menjadi dendeng yang nikmat. Selain bergizi, dendeng daun singkong inipun tidak mengadung kolesterol.

Dendeng daun singkong ini di oleh oleh seorang ibu rumah tangga di Kawasan Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat. Rita Yanit bersama keluarganya yang menemukan olahan dendeng berbahan dasar daun singkong ini

"Usaha keluarga ini bermula ketika orangtua kami terserang penyakit kolesterol tinggi, dan dilarang memakan daging. Maka dari itu tercetuslah ide membuat dendeng daun singkong," ujar Rita.

Adapun cara pengolahannya, lanjutnya, sangat sederhana yang pertama siapkan bumbu-bumbu seperti daun singkong segar, bumbu masak, bawang putih, merica, dan tepung beras.Kemudian daun singkong di potong kecil dan direbus hingga mendidih.

Selanjutnya diaduk rata dengan bumbu dan dimasukan ke dalam plastik, agar tidak tumpah saat direbus lagi serta bumbu-bumbunya menyatu. Setelah direbus selama 2 jam, kemudian di potong-potong dan ditipiskan. Tahap selanjutnya goreng di dalam minyak panas, hingga berwarna kecoklatan, dendeng daun singkongpun siap di kemas dan di jual ke pasaran.

Dalam satu harinya, diakui Rita, bisa mengolah sebanyak 30 kg dendeng daun singkong, yang nantinya dijual seharga Rp9.000 per bungkusnya. "Dendeng daun singkong ini dijual bahkan hingga ke luar provinsi Sumatera Barat, bahkan ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura," jelasnya.

Dendeng daun singkong ini aman bagi para penderita kolesterol, karena tidak mengandung unsur daging, namun dari tekstur dan rasanya tidak jauh beda dengan dendeng daging. Bagaimana Anda penasaran, jika berkunjung ke Padang, jangan lupa mampir untuk membeli dendeng daun singkong ini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6754 seconds (0.1#10.140)