Pulau Kumala Disneyland Kecil di Kalimantan Timur

Sabtu, 15 November 2014 - 14:07 WIB
Pulau Kumala Disneyland Kecil di Kalimantan Timur
Pulau Kumala Disneyland Kecil di Kalimantan Timur
A A A
KUTAI - Berkesempatan berlibur ke Kalimatan Timur, tentunya Anda tidak akan melewatkan wisata ke Sungai Mahakam. Ada pulau yang menarik untuk dikunjungi yakni Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam, melewati kota Tenggarong, di kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada awalnya, pulau seluas 85 hektar ini merupakan sedimentasi lumpur yang membentuk tanah. Pulau ini unik karena tampak seperti perahu di tengah sungai.

Sebelum berubah menjadi sebuah tempat rekreasi modern, Kumala adalah sebuah tempat untuk ratusan bekantan (Nasalis Larvatus) dan berbagai jenis reptil liar Kalimantan. Taman Wisata Pulau Kumala dikembangkan sejak tahun 2002. Pengunjung yang datang ke taman wisata ini dikenakan biaya masuknya adalah Rp2.000,00 per orang.

Taman Wisata Pulau Kumala seperti Disneyland kecil di Kalimantan Timur. Lokasinya di tengah pulau menjadikan taman ini berkesan eksotika, berbeda ketika Anda menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Fasilitas yang paling terkenal adalah Sky Tower, dimana para pengunjung bisa melihat seluruh pulau dan kota Tenggarong dari menara tinggi 78 meter. Menara ini bisa berputar perlahan-lahan, sehingga para pengunjung bisa melihat seluruh pulau.

Fasilitas lain yang disediakan antara lain adalah mobil bumper, Lamin Beyoq, Lamin Mancong, dan Lamin Wahau, komedi putar, patung Lembuswana, kolam air mancur, Danau Pesut dll.

Untuk berkeliling di sekitar pulau, mobil wisata disediakan dengan harga tiket Rp3.000,00 – Rp4.000,00 per orang untuk setiap perjalanan. Jika kurang dari 5 penumpang, mobil ini harus disewa sebesar Rp20.000,00.

Tak hanya sekedar berkeliling pulau, pengunjung juga bisa menginap di tengah-tengah pulau, pengelolaan taman menyediakan pondok, lengkap dengan kolam renang dan katering. Tetapi, Anda harus memesan satu minggu sebelumnya sehingga manajemen bisa membuat persiapan yang tepat. Karena pondok tidak buka setiap hari, akan lebih baik jika memesan untuk berkelompok.

Anda yang berkunjung ke Pulau Kumala juga tak perlu khawatir karena di sana terdapat toko yang menyediakan dan menjual berbagai jenis souvenir tradisional. Selain itu, berbagai jenis t-shirt juga dapat digunakan sebagai souvenir dari pulau Kumala.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1252 seconds (0.1#10.140)