Pisang Si Kuning yang Kaya Manfaat

Selasa, 18 November 2014 - 08:24 WIB
Pisang Si Kuning yang Kaya Manfaat
Pisang Si Kuning yang Kaya Manfaat
A A A
SETIAP orang pasti tahu buah pisang, karena selain menawarkan rasa yang manis, buah pisang juga menawarkan banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah pisang juga memiliki daging yang sangat halus/empuk, sehingga buah yang identik dengan kulitnya yang berwarna kuning ini sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Orang yang gemar mengkonsumsi buah pisang sangat beruntung, karena didalamnya terkandung begitu banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Yuk, simak beberapa penjelasan berikut terkait manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan :

- Buah pisang memanjakan lidah, tanpa rasa khawatir akan membuyarkan/merusak diet Anda. Pasalnya, buah yang bentuknya bisa dimakan secara keseluruhan ini hanya mengandung sekitar 110 kalori saja.

- Buah Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol. Pisang juga bisa menjadi substitusi mentega atau minyak ketika Anda membuat kue.

- Buah pisang dikenal memiliki kandungan kalium yang tinggi. Lebih dari 400 mg kalium terdapat pada buah pisang berukuran sedang. Menurut Colorado State University di Amerika, potasium sangat bermanfaat untuk saraf yang baik dan fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

- Buah pisang juga mengandung jumlah vitamin C yang banyak. Satu buah pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15% dari jumlah harian yang disarankan. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi lainnya seperti besi.

- Buah pisang merupakan sumber vitamin B-6 (pyridoxine). Satu buah pisang menyediakan sekitar 35% kebutuhan harian vitamin B-6. Perlu diketahui, tubuh Anda menggunakan vitamin B-6 untuk memproduksi sel baru.

- Buah pisang juga sumber zat mangan. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 mg mangan, sementara orang dewasa hanya membutuhkan 1,8-2,3 mg mangan per hari. Zat mangan ini penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

- Buah pisang kaya serat, menurut penelitian, satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan turut membantu menjaga proses pencernaan tetap lancar.

- Buah pisang juga menyediakan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, folat, karoten, dan kolin. Pisang juga mengandung sejumlah asam amino.

- Buah pisang juga merupakan sumber energi karena mengandung karbohidrat. Makan pisang sebagai sarapan akan memberi Anda energi untuk melakukan aktivitas sampai waktunya jam makan siang.

- Buah pisang mudah dicerna, karena dagingnya yang halus/empuk. Ketika Anda sakit dengan virus atau gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara menarik untuk memasukkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut Anda. Buah ini juga sering digunakan oleh seorang ibu untuk mengenalkan makanan padat pada bayi.

Itulah manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan tubuh. Mulailah memasukkan buah pisang dalam menu makanan sehari-hari Anda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5531 seconds (0.1#10.140)