ODHA Rentan Terkena TB

Rabu, 26 November 2014 - 14:55 WIB
ODHA Rentan Terkena TB
ODHA Rentan Terkena TB
A A A
HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang menyebabkan AIDS. Akibatnya, mereka yang mengidap virus atau penyakit ini sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk tuberkolosis (TB).

Ahli Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP mengatakan orang yang hidup dengan AIDS (ODHA) sangat rentan terpapar TB karena menurunnya daya tahan tubuh mereka.

"Dengan menurunnya daya tahan tubuh, maka akan dengan mudah terserang penyakit terutama TB," ujar Anna dalam Seminar HIV & TB di Balai Kota Depok, Rabu (26/11/2014).

Selain orang berdaya tahan tubuh rendah karena HIV/AIDS, mereka yang rentan terserang TB adalah orang yang berpenyakit kronis diabetes militus, dan perokok aktif.

"Indonesia urutan ranking 5 terbanyak kasus TB tahun 2008. Tahun 2007 ranking 3 sesudah India, China. Sekarang, Indonesia berada di peringkat empat. Penyakit ini telah menyebabkan 67.000 orang meninggal setiap tahun, atau 183 orang per hari,” ujar pakar paru di RSU Bunda Menteng, Margonda dan RS Graha Permata Ibu ini.

Anna menyebutkan penyakit TB dan HIV seperti fenomena gunung es yang dappat menyerang siapa saja tak mengenal status sosial dan usia. TB dan HIV sudah menjadi kasus darurat dunia dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan peringatan khusus.

"Semua bisa terpapar. Bukan cuma yang badannya kurus, semua bisa kena TB. Bayangkan jika seorang guru yang sakit TB, batuk, dapat menularkan ke siswanya, lalu naik kereta api, ke pasar, bukan tak mungkin tak terancam. Miris juga prilaku masyarakat Indonesia yang kerap membuang dahak di sembarang tempat," papar Anna.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9024 seconds (0.1#10.140)