Ajang Kreator Muda Unjuk Kemampuan

Selasa, 02 Desember 2014 - 09:55 WIB
Ajang Kreator Muda Unjuk...
Ajang Kreator Muda Unjuk Kemampuan
A A A
HelloFest telah digelar pada 18-19 November lalu di Lapangan Tennis Indoor dan Plaza Barat Senayan. Festival yang telah berjalan selama satu dekade ini semakin mengukuhkan diri sebagai ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek, hingga budaya pop.

Antusiasme anak muda untuk terlibat di HelloFest terus meningkat. Hal ini terbukti dari jumlah kreasi yang masuk dalam kompetisi film pendeknya yang mencapai 1.000. Begitu pun dengan peserta cosplay yang mendaftar, mencapai batas maksimal, yaitu 2.000 orang dalam waktu satu bulan. Pengunjung pun terus berdatangan hingga larut malam selama dua hari berturut-turut.

Mereka semua ingin melihat sekaligus meramaikan tiga acara utama HelloFest , yakni HelloFest Movies, KostuMasa, dan Pasar HelloFest. HelloFest Movie telah ada sejak awal diadakannya ajang HelloFest. Sampai saat ini terdapat tiga kategori, di antaranya nonanimasi, animasi, dan 8 detik pas.

Dari ketiga kategori, yang paling banyak diminati peserta adalah 8 detik pas yang mencapai 631 karya film yang masuk. Kategori yang baru saja diikutsertakan pada HelloFest ke-9 di tahun lalu ini bertujuan agar anakanak muda dapat memanfaatkan gadget yang mereka punya.

“Fenomena anak-anak sekarang yang melek gadget ini butuh konten yang ada di tangan mereka. Akhirnya kami bikin ini dan menjadi antusias paling tinggi,” kata Wahyu Aditya selaku pendiri HelloFest. Pamor yang tinggi di kalangan anak muda pencinta film membuat banyak produser ingin terlibat menyemarakkan acara ini.

Mira Lesmana dan Riri Riza yang sebentar lagi akan meluncurkan film silat klasik Pendekar Tongkat Emas pun turut hadir. Pada acara ini, para pengunjung dapat menyaksikan presentasi spesial para pemain dengan merilis trailer terbaru film tersebut. Untuk acara KostuMasa tidak hanya dari Jakarta yang terlibat, KostuMasa Gresik, Tasikmalaya, Malang, Tegal, Lampung, hingga Pontianak juga antusias hadir.

Mereka tampil di atas panggung utama dengan dukungan audio visual yang ditujukan untuk tim dan individu yang terdaftar. Mereka harus memenuhi kategori penilaian demi memenangkan penghargaan best team show, best team costume, best individu show, Indonesia banget, creative costume, dan best character.

Peserta terbaik mendapatkan penghargaan sesuai dengan kriteria penilaian yang telah disebutkan. Pihak penyelenggara acara juga membuat rangkaian acara Pasar HelloFest . Tahun ini, Pasar HelloFest menyediakan 200 booth yang mengandung unsur budaya pop. Selain ketiga acara utama, HelloFest juga membuat rangkaian acara yang mengundang YouTube artist Indonesia.

HelloFest mengundang YouTubers lokal untuk menjadikan ajang ini tempat memperkenalkan channel YouTube mereka dan sebagai momen untuk merilis video terbaru yang belum pernah ditayangkan di internet. Beberapa di antaranya yang hadir antara lain Bayu Skak, SOS Project, Outwit. Inc, Edho Zell, Ashila, Natasha Farani, Eka Gustiawan, hingga Last Child.

Tidak hanya itu, HelloFest juga memberikan jabatan kehormatan bagi kreator muda yang sudah dianggap matang dalam berkarya dan telah memberi inspirasi. Terdapat lima sosok yang sudah diberikan jabatan bernama HelloFest Master, yaitu Faza Meonk, Achmad Rofiq, Firman Widyasmara, Aditya Prabaswara, dan Chikita Fawzi.

“Jabatan HelloFest Master diberikan sengaja kepada generasi muda agar bisa memberi inspirasi kepada teman yang lain tanpa jarak umur yang terlalu jauh,” ujar pria yang biasa dipanggil Adit ini. Beragam komunitas juga diakomodasi untuk melakukan gathering dalam acara ini. Beberapa di antaranya Morning Drawing, KAORI, Twilight Nusantara (Twinus), dan Jagawana.

“Adanya HelloFest tentunya membuka banyak relasi. Kami juga ingin menyebarkan semangat menggambar kepada para pengunjung,” kata Popo Mangun selaku Project Officer Morning Drawing.

Balqis eghnia
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)