Warna Cangkir Pengaruhi Rasa Kopi

Jum'at, 05 Desember 2014 - 08:14 WIB
Warna Cangkir Pengaruhi Rasa Kopi
Warna Cangkir Pengaruhi Rasa Kopi
A A A
Mungkin ada alasan ilmiah di balik cangkir favorit Anda. Penelitian baru menemukan, tingkat kepahitan kopi bergantung pada warna cangkir. Seorang peneliti mengambil ide dari barista yang menyatakan, lebih banyak pelanggan mengeluh tentang kopi mereka menjadi pahit dari cangkir berwarna putih, daripada cangkir transparan.

Hipotesis diuji pada relawan dan memang cangkir warna putih dapat meningkatkan intensitas rasa pahit pada kopi daripada cangkir yang transparan. Peneliti menyimpulkan, ini dimungkinkan karena kontras dalam warna. Kopi di dalam cangkir warna putih lebih terasa pahit, tetapi efek sebaliknya terjadi dalam cangkir transparan yang tidak terlalu terasa pahit.

Sementara cangkir warna biru bisa meningkatkan rasa manis. “Kedua percobaan menunjukkan, warna cangkir dapat memengaruhi persepsi orang,” kata sebuah sumber, seperti dilansir Theindependent. Hasil ini mendukung pandangan bahwa warna cangkir harus menjadi pertimbangan para barista karena dapat memengaruhi rasa dalam pengalaman minum kopi kepada konsumen.

Novi/Okezone
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7866 seconds (0.1#10.140)