Croizza: Serenyah Pizza, Selembut Donat

Sabtu, 06 Desember 2014 - 12:51 WIB
Croizza: Serenyah Pizza, Selembut Donat
Croizza: Serenyah Pizza, Selembut Donat
A A A
JAKARTA - Cronuts alias croissant donuts memang digemari banyak orang. Tapi kini cobalah cicipi croizza, yang berupakan kependekan croissant pizza. Seperti apa rasanya?

Alih-alih menyantap cronuts yang garing dengan lubang di bagian tengahnya, ataupun mengoleskan selai jeruk pada permukaan croissant tradisional, croizza menawarkan kerenyahan yang bakal memberikan sensasi lain di lidah.

Layaknya pizza, croizza dibuat pipih berbentuk segi empat. Toppingnya terdiri dari nutella dengan marshmallow, kacang mede, irisan pisang dan stroberi.

Kress ... Croizza begitu garing di bagian sisinya. Namun di bagian tengah agak empuk. Selai nutella yang dioles cukup tebal pada permukaan croizza terasa manis cokelat yang sangat memanjakan lidah berpadu dengan renyahnya kacang mede menambah nikmat sajian yang satu ini.

Bongkahan marshmallow putih yang amat lembut serasa menari di mulut. Belum lagi irisan pisang yang makin membuat manis camilan ini. Siapa yang tahan godaannya? Irisan stroberi mempercantik tampilan penganan ini.

Croissant sendiri dalah sejenis roti dengan adonan berlapis (flaky bread) yang berasal dari Prancis. Disebut croissant karena bentuknya yang mirip dengan bulan sabit.

Croissant dibuat dengan teknik laminasi. Yakni adonan diisi lemak berupa adonan mentega, kemudian diratakan, dilipat beberapa kali dan diratakan kembali lalu digiling sampai tipis.

Secara tradisional, pembuatan croissant dimulai dari menguleni tepung, susu, telur, ragi, dan sedikit mentega sehingga kalis selanjutnya adonan diratakan menjadi bentuk bujur sangkar kemudian diletakkan blok mentega ditengahnya. Ujung-ujung adonan kemudian dilipat ke tengah sampai menutupi blok mentega tersebut.

Ide baru kemudian bermunculan untuk mengkreasikan croissant. Seperti cronuts dan croizza. Croizza bisa Anda temukan di The Playground, Street Gallery PIM 3 dengan berbagai pilihan topping.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5426 seconds (0.1#10.140)