Padukan Konsep Pariwisata dan Kerja Sama Usaha

Senin, 08 Desember 2014 - 16:31 WIB
Padukan Konsep Pariwisata dan Kerja Sama Usaha
Padukan Konsep Pariwisata dan Kerja Sama Usaha
A A A
BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, Banyuwangi Beach Jazz Festival merupakan contoh konsep penyelenggaraan event pariwisata (tourism event) dengan skema kerja sama dunia usaha.

Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival itu dihadiri ribuan orang dan berlangsung dengan meriah pada Sabtu (6/12/2014) lalu. Event tersebut menghadirkan musisi jazz papan atas Indonesia, seperti Djaduk Ferianto, Tohpati, Trie Utami dan juga Yovie Widianto beserta Kahitna.

"Dengan event pariwisata (tourism event) seperti Jazz Pantai ini, kami membagi kebudayaan dan potensi lokal kepada pengunjung luar daerah. Wisatawan mendapatkan pengalaman yang unik karena tourism event tentu tidak digelar tiap hari. Sekali terpikat di event tersebut, wisatawan bisa penasaran mengunjungi destinasi wisata alam dan wisata budaya yang lainnya," papar Anas, dalam siaran pers yang diterima redaksi Sindonews.

Dia menambahkan, kolaborasi antara musik jazz dan etnik Banyuwangi menjadi jembatan untuk menggali kearifan lokal.

Selain menikmati musik, pengunjung juga bisa membeli berbagai produk industri kreatif dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Banyuwangi yang disiapkan stan di sekitar lokasi acara. Terdapat berbagai stan pilihan yang menjajakan kuliner, batik, kaus, aksesoris, lukisan, dan kerajinan tangan setempat.

"Banyuwangi Beach Jazz Festival memperlihatkan bagaimana budaya lokal dan musik jazz dapat digabungkan menjadi sebuah perhelatan acara, yang tidak hanya meningkatkan pariwisata Banyuwangi, tetapi juga memajukan usaha warga lokal," ujar Anas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6450 seconds (0.1#10.140)