Lensa Kontak Tak Higienis Bisa Sebabkan Kebutaan

Kamis, 11 Desember 2014 - 15:18 WIB
Lensa Kontak Tak Higienis Bisa Sebabkan Kebutaan
Lensa Kontak Tak Higienis Bisa Sebabkan Kebutaan
A A A
JAKARTA - Lensa kontak merupakan alternatif paling baik bagi orang yang tidak suka berkacamata. Bukan hanya itu, lensa kontak juga mampu menunjang penampilan dan memberikan kenyamanan saat memakainya. Tak heran jika banyak yang lebih memilih menggunakan lensa kontak dibandingkan menggunakan kacamata.

Tapi, tahukah Anda jika menggunakan lensa kontak yang tidak layak dapat menyebabkan kebutaan?

Dilansir dari healthmeup, lensa kontak dapat mengakibatkan infeksi karena bakteri yang diakibatkan perawatan yang kurang higienis. Infeksi ini bisa menyebabkan keratitis. Keratitis adalah keadaan yang bisa mengakibatkan kebutaan jika dibiarkan kronis. Dalam keadaan ini kornea terinfeksi oleh mikroba, jamur dan juga bakteri lain.

"Penggunaan lensa kontak memang bisa membuat seseorang terlihat lebih baik dibandingkan kacamata, tetapi mereka juga rentan terhadap infeksi jadi mereka harus ekstra hati-hati," ujar Dr Jennifer R Cope, seorang ahli epidemiologi medis di National Center for Emerging Zoonotic and Infection Disease CDC.

Menurut Cope, mereka yang menggunakan lensa kontak harus menjaga kebersihan setiap kali hendak mengenakan dan menyimpan kontak lensa. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Pemakaian lensa kontak selama seharian atau lebih dari 20 kali berisiko lebih besar mengembangkan keratitis.

Meskipun sebagian besar kasus keratitis dapat disembuhkan, namun jika didiamkan akan menyebabkan peradangan hingga kebutaan. Jarang membersihkan atau mengganti lensa kontak dapat meningkatkan risiko keratisis.

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, pengguna lensa kontak ada baiknya untuk memperhatikan tips-tips berikut ini.

1. Cuci tangan dengan air dan sabun sebelum menyentuh lensa kontak.
2. Lepas lensa kontak sebelum tidur, mandi dan berenang.
3. Selalu rendam dan cuci lensa kontak setelah dilepas dari mata.
4. Simpan lensa kontak dalam cairan pembersih lensa kontak yang selalu fresh. Ganti terus setiap akan menyimpan lensa kontak.
5. Secara rutin ganti terus lensa kontak sebelum masa kadaluarsanya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3983 seconds (0.1#10.140)