5 Cara Menjaga Mata saat Pakai Softlens, Wajib Tahu agar Tak Timbulkan Infeksi!

Minggu, 28 Mei 2023 - 14:50 WIB
loading...
5 Cara Menjaga Mata saat Pakai Softlens, Wajib Tahu agar Tak Timbulkan Infeksi!
Softlens atau lensa kontak lunak banyak digunakan sebagai pengganti kacamata guna menunjang penglihatan para penderita mata rabun. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Softlens atau lensa kontak lunak banyak digunakan sebagai pengganti kacamata guna menunjang penglihatan para penderita mata rabun. Tak jarang mereka juga memakai softlens karena fungsi estetikanya untuk mempercantik mata.

Penggunaan softlens dalam jangka panjang dapat menyebabkan mata iritasi. Karena itu diperlukan perawatan tersendiri untuk menjaga mata dari efek samping yang membahayakan.

Berikut cara-cara menjaga mata saat memakai softlens, yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/5/2023).


1. Kenakan Softlens yang Bersih

Softlens harus dijaga kebersihannya sebelum digunakan. Sentuhan pada softlens sebaiknya dilakukan saat kita sudah mencuci tangan dan mengeringkan dengan handuk.

Anda bisa menggunakan larutan steril yang direkomendasikan dari dokter mata untuk mensterilkan softlens. Dengan begitu, Anda bisa menjaga softlens tetap bersih dan mempermudah penglihatan, bahkan mengurangi risiko infeksi mata.

2. Jangan Biarkan Softlens Bersentuhan dengan Air

Softlens tidak boleh bersentuhan langsung dengan air. Oleh karena itu, softlens harus dilepas sebelum mandi ataupun berenang. Softlens yang terkena air dapat menyebabkan pembengkakan hingga menggores mata.

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Penggunaan softlens secara terus-menerus dapat mengeringkan mata. Hal itu akan sangat mengurangi tingkat kenyamanan pada mata. Anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengurangi gejala mata kering.

Sebisa mungkin, pilihlah obat tetes mata yang khusus dibuat untuk softlens dan sudah direkomendasikan oleh dokter mata terpercaya. Pemilihan obat tetes abal-abal bisa membahayakan mata dan berbagai risiko lain.


4. Ganti Softlens Sesuai Kebutuhan

Softlens yang dipakai terlalu lama dari waktu yang direkomendasikan dapat membahayakan mata. Penggunaan softlens saat tidur juga berbahaya. Softlens yang dipakai lebih lama dari waktu yang direkomendasi dapat menyebabkan infeksi. Maka, penting bagi Anda untuk terus memperhatikan tanggal kadaluwarsa softlens yang digunakan. Ada yang usianya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya.

5. Jaga Kesehatan Mata

Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan cara menaruh softlens hanya di mata dan jangan biarkan bersentuhan dengan air. Gunakan obat tetes mata dan rutin kunjungi dokter untuk pemeriksaan rutin secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus mengetahui jika terdapat masalah pada mata.

Demikian lima cara menjaga mata saat memakai softlens yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat. MG/Ayu Yunita Rahmawati
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)