Menu Makanan yang Sehat dan Praktis

Minggu, 14 Desember 2014 - 07:08 WIB
Menu Makanan yang Sehat dan Praktis
Menu Makanan yang Sehat dan Praktis
A A A
BANYAK aktivitas yang dilakukan, tentunya memerlukan kebutuhan asupan gizi yang ekstra. Begitu juga dengan semakin berat pekerjaan yang akan dihadapi, maka semakin banyak pula asupan gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi.

Sesibuk apapun, jangan pernah melupakan sarapan. Karena kesibukan, terkadang makan siang pun sering sekali terlambat. Jika ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat, cobalah beberapa tips menu makan sehat simpel dan praktis berikut ini.

- Menu sarapan praktis, smoothies dan buah segar
Smoothie menjadi cara praktis untuk memperoleh asupan gizi yang praktis di pagi hari. Campuran susu skim dengan pisang sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, magnesium dan potasium. Susu akan melengkapi kebutuhan kalsium.

Lengkapi sarapan pagi dengan buah-buahan segar yang mengandung gula alami dan sedikit karbohidrat untuk menambah energi hingga siang nanti. Buah merupakan makanan yang ringan dicerna oleh tubuh, sehingga cocok untuk sarapan.

- Makan siang praktis, sandwich ikan tuna
Karena sarapan Anda hanya berupa smoothie, maka usahakan untuk makan siang tepat waktu. Anda bisa memilih menu sandwich. Menu makan siang sandwich ini bisa dikombinasikan dengan ikan tuna atau ayam panggang yang di letakkan ke dalam roti gandum. Lengkapi juga dengan berbagai sayuran dan saus mint serta mustard sebagai pengganti mayonaise.

- Menu makan malam praktis, olahan yang dibakar atau direbus
Jangan berpikir bahwa makan malam untuk mengganti tenaga yang sudah dikeluarkan seharian sehingga makan malam bisa lebih bebas untuk melahap apa saja. Salad bisa menjadi pilihan menu makan malam yang menyehatkan.

Tambahkan sedikit potongan daging, tahu, dan juga ikan. Gunakan daging tanpa lemak, bisa lebih dulu diolah dengan dibakar atau direbus, jangan digoreng menggunakan minyak. Usahakan untuk menyantap makan malam maksimal dua jam sebelum tidur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5851 seconds (0.1#10.140)