Berkunjung ke Pabrik Keju Terbaik di Hunter Valley

Selasa, 16 Desember 2014 - 07:31 WIB
Berkunjung ke Pabrik Keju Terbaik di Hunter Valley
Berkunjung ke Pabrik Keju Terbaik di Hunter Valley
A A A
SIDNEY - Hunter Valley memang dikenal sebagai salah satu penghasil wine terbaik dan terkenal di negara bagian New South Wales yang membuatnya selalu menarik perhatian wisatawan untuk dikunjungi. Walau lebih populer sebagai penghasil wine, namun ternyata Hunter Valley juga menjadi penghasil makanan yang juga masih berkaitan dengan wine yaitu keju.

Memang untuk menyantap keju lebih nikmat jika dibarengi dengan wine dan sebaliknya. Namun, jika Anda tidak minum wine juga pastinya keju tetap menyenangkan disantap begitu saja. Bicara tentang keju yang dihasilkan di Hunter Valley, sudah sejak lama di sekitar sini terkenal sebuah tempat produksi keju dalam skala yang cukup besar bernama Hunter Valley Cheese Factory.

Uniknya perusahaan sekaligus pabrik keju ini juga dibuka untuk kunjungan dari publik yang membuatnya menjadi daya tarik wisata unggulan lainnya di Hunter Valley. Untuk menuju lokasi yang kira-kira berjarak 150 km di sebelah utara kota Sydney, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus atau juga mengambil paket tur yang banyak tersedia di kota Sydney ke Hunter Valley.

Walau terhitung cukup jauh, namun tetap saja Hunter Valley punya magnet tersendiri yang kuat menjaring wisatawan untuk datang, termasuk wisatawan luar negeri. Image pedesaan yang sangat melekat dari daerah ini, ditambah juga masih cukup kentalnya sisi klasik zaman Eropa dulu yang menjadikan Hunter Valley seperti kampung halaman kebanggaan yang selalu dirindukan.

Untuk menuju lokasi perjalanan memang cukup panjang yang harus Anda tempuh sekitar 3-5 jam dengan kereta yang bisa diakses dari Sydney CBD, Central Station. Untuk perjalanan tercepat dengan kereta yang hanya berdurasi sekitar 3 jam lebih, Anda bisa naik Cityrail yang line Newcastle and Central Coast sekitar jam 6 pagi sudah ada dari Central Station. Kemudian, nanti Anda turun di Morriset Station setelah 2 jam perjalanan.

Dari stasiun sana Anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis 165 yang akan membawa Anda ke Cessnock, yang merupakan sudah daerah Hunter Valley dan sampaikan lokasi tujuan Anda secara mendetail. Hunter Valley Cheese Factory letak persisnya ada di McGuigans Complex McDonalds Road, Pokolbin.

Untuk bisa merasakan pengalaman berkunjung ke pabrik keju dan merasakan keju langsung dari pabriknya, Anda bisa datang hari apa saja, karena Hunter Valley Cheese Factory ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 5.30 sore. Di sini juga terdapat berbagai paket “cheese tasting” yang bisa Anda pilih sesuai preferensi dan budget Anda.

Setiap harinya, di Hunter Valley Cheese Factory ini akan ada semacam talkshow guidance untuk para pengunjung yang menjelaskan tentang segala hal tentang keju yang diproduksi di perusahaan ini, mulai dari proses sampai jenis-jenisnya apa saja. “Cheese Talk” ini berlangsung rutin setiap jam 11 siang dan jam 3 sore.

Tentunya salah satu ruangan yang paling menjadi pusat perhatian dan tujuan utama wisatawan adalah Cheese Tasting room yang memiliki beberapa paket untuk Anda pilih. Untuk yang standart Cheese tasting di sini dikenakan biaya sebesar 7.5 AUD, namun ada juga yang 8.9 AUD biayanya dengan tambahan Anda sambil duduk merasakan kejunya yang berjumlah 5 handmade keju khas Hunter Valley dengan berbagai tekstur dan rasa yang bervariasi juga.

Anda juga akan mendapatkan biscuit dan air untuk menetralkan mulut Anda di setiap proses tasting tersebut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cheese tutorial.

Ada lagi paket Hunter Valley Cheese Tasting and Refreshments dengan biaya per orangnya 12,75 AUD yang biasanya diminati pada saat pagi atau sore, karena Anda akan disuguhkan sepiring Hunter Valley Cheese berkualitas sambil dilengkapi dengan biscuit, buah-buahan segar, air atau teh atau kopi atau orange juice yang membuat segar proses pencicipan yang Anda lakukan.

Untuk yang lebih lengkap lagi, Anda bisa mengambil paket Cheesemakers Lunch seharga 17.5 AUD yang bisa membuat Anda bisa merasakan tambahan 3 gourmet wedges yang handmade, ditambah berbagai sayur-sayuran segar untuk melengkapi menu sosis tradisional dan tentunya juga keju. Untuk Anda yang lebih tertarik dengan kombinasi legendaris dari keju dan wine pun Anda bisa ambil Hunter Valley Cheese and Wine Matching Tutorial dengan biaya 29 AUD per orangnya.

Keberadaan Hunter Valley Cheese Factory ini memang semakin membuat Hunter Valley punya sesuatu yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi wisatawan sebagai lokasi dihasilkannya produk-produk khas pedesaan di Australia.

Di pabrik yang bisa langsung Anda liat bagaimana pembuatan kejunya karena semua kejunya adalah produksi industri kecil yang masih produk buatan tangan, sehingga kualitas dan kealamian dari kejunya pun tetap terjaga. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh keju dan olahannya di toko yang mereka miliki untuk terus mengingatkan Anda akan kekhasan dan nikmatnya keju handmade dari Hunter Valley Cheese Factory.

Masukkan Hunter Valley sebagai daerah yang harus Anda kunjungi selain Sydney, termasuk juga ke Hunter Valley Cheese Factory. Selamat berlibur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6875 seconds (0.1#10.140)
pixels