Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

Rabu, 17 Desember 2014 - 10:04 WIB
Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh
Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh
A A A
AMERIKA SERIKAT - Ilmuan di AS temukan cara mempercepat metabolisme tubuh. Para peneliti menunjukkan bahwa pengubahan proses terkait kemampuan sel untuk membakar energi dapat membantu meningkatkan metabolisme dan memerangi obesitas dan diabetes.

Dilansir dari VOA, Para ilmuan mengatakan kemampuan alami tubuh untuk mengontrol berat badan terkait dengan tingkat pembakaran energi alami, yang disebut metabolisme selular basal atau dasar. Penyebab orang dapat makan tanpa naik berat badannya adalah karena mereka memiliki tingkat metabolisme yang tinggi.

Berdasarkan riset di Pusat Medis Beth Israel Deaconess di Boston, berhasil menemukan cara untuk merubah proses biokimia yang mendasari kemampuan sebuah sel untuk membakar energi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

"Dengan penemuan ini, kami sekarang memiliki cara memanipulasi metabolisme yang dapat membantu mempercepat produksi energi dan mengarah pada hilangnya berat badan," ujar penulis senior Barbara Kahn dari Pusat Medis Beth Israel Deaconess dan fakultas kedokteran Harvard.

Dalam tulisan di jurnal Nature, para peneliti di Boston itu mengatakan pengurangan jumlah protein nikotinamida N-metiltransferase (NNMT) dalam lemak dan sel-sel hati tikus memperlampat perkembangan obesitas dan diabetes pada hewan tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti menilai bahwa pemotong kandungan NNMTdalam sel-sel tersebut akan mempercepat serangkaian reaksi metabolik. Reaksi-reaksi metabolik yang dipercepat akan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sebagai energi, dan pada saat yang sama akan mengurangi jumlah kalori yang diubah menjadi lemak.

“Meski pengaturan pola makan dan olahraga penting dalam mengontrol berat badan, terapi-terapi anti-obesitas bisa sangat membantu, dan NNMT kelihatannya sebuah sasaran yang menjanjikan bagi perkembangan terapi masa depan," ujar Kahn.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)