Evolusi HIV yang Cepat, Kurangi Kekuatan Virus

Kamis, 18 Desember 2014 - 09:05 WIB
Evolusi HIV yang Cepat, Kurangi Kekuatan Virus
Evolusi HIV yang Cepat, Kurangi Kekuatan Virus
A A A
INGGRIS - HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. HIV sering bermutasi dan memungkinkan membuat menginfeksi sekitar 80 juta orang selama 35 tahun terakhir.

Dilansir dari VOA, Para ilmuan mengatakan evolusi HIV yang cepat dapat mengurangi kemampuan menimbulkan AIDS.

"Salah satu fitur klasik HIV adalah kemampuannya untuk bermutasi dan menghindari pengobatan yang kita berikan untuk menghancurkannya, entah itu respons kekebalan tubuh atau obat antiretroviral. Itu kekuatan HIV yang sebenarnya” tutur Professor dari Universitas Oxford Phillip Goulder, ilmuwan yang memimpin penelitian tersebut.

Goulder menambahkan HIV dapat dikalahkan. “Bahkan HIV pun punya kelemahan. Ada beberapa bagian dari virus tersebut yang sebenarnya tidak suka berubah. Dan salah satu bagian tersebut adalah inti pusat yang merangkum dua salinan virus RNA dan beberapa virus enzim. Bagian virus tersebut bisa bermutasi. Tapi bila bermutasi biasanya merusak kemampuan virus tersebut untuk berkembang biak, mereplikasi diri secara efisien" ujarnya

Selain itu HIV, menurutnya menjadi kurang ganas, kehilangan kemampuan untuk menyebabkan AIDS akibat runtuhnya sistem kekebalan.

Penelitian tersebut berdasarkan jenis HIV-1 yang umumnya menginfeksi orang-orang di Afrika selatan. Goulder menggarisbawahi bahwa jenis virus lainnya, HIV-2, yang biasa ditemukan di Afrika Barat, lebih sedikit menyebabkan AIDS pada orang-orang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7580 seconds (0.1#10.140)