Menjelajahi Keindahan Alam Maluku Utara

Rabu, 24 Desember 2014 - 09:30 WIB
Menjelajahi Keindahan...
Menjelajahi Keindahan Alam Maluku Utara
A A A
JAKARTA - Maluku Utara merupakan hasil pemekaran Provinsi Maluku. Provinsi ini merupakan surga tropis di Indonesia bagian timur. Inilah tempat wisata bahari, budaya, purbakala, sejarah, dan adat istiadat. Berikut tujuan wisata di Maluku Utara, dilansir dari Skyscanner.

1. Wisata sejarah

Saat di Ternate, kunjungilah Benteng Tolukko atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama Benteng Hollandia. Benteng yang dibangun pada tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis ini dulu digunakan sebagai pertahanan terhadap bangsa Spanyol yang sedang menggempur pulau Ternate.

Anda juga bisa mengunjungi Istana Kesultanan Ternate yang terletak di dataran pantai di Kampung Soa-Sio, Kelurahan Letter C, Ternate, tidak jauh dari pusat kota. Di lingkungan istana terdapat komplek pemukiman raja dan keluarganya serta komplek makam para pendahulu kesultanan. Istana bergaya Eropa yang menghadap ke arah laut ini, menyimpan, merawat dan memamerkan benda-benda pusaka milik kesultanan, seperti senjata, pakaian besi, pakaian kerajaan, topi-topi perang, alat-alat rumah tangga dan naskah-naskah kuno (Al Quran, maklumat, dan surat-surat perjanjian).

2. Wisata alam
Di Maluku Utara ada Gunung Gamalama yang juga memiliki mitos dan keindahan alam yang luar biasa. Perjalanan menuju Gunung Gamalama dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 30 menit dari pusat Kota Ternate. Untuk mendaki Gunung Gamalama, pendaki haruslah dalam jumlah genap karena masyarakat ternate percaya jika mendaki dengan jumlah ganjil, maka salah satu dari mereka akan celaka.

Banyak keindahan alam yang bisa Anda lihat, mulai dari hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lerengnya, hutan yang hijau dan luas, serta keindahan pemandangan Pulau Ternate, Pulau Halmahera, Pulau Tidore dan hamparan laut yang biru yang dapat dilihat dari puncaknya.

3. Wisata bahari
Teluk Jailolo sudah cukup dikenal sebagai tempat untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama. Selain itu, Anda juga bisa menyelam di area Pantai Sulamadaha.

Karena kondisi perairan yang masih sangat terjaga, membuat Maluku Utara menjadi tempat yang paling menakjubkan untuk aktivitas wisata bahari. Anda juga bisa menyelam di area Halmahera Selatan seperti Pulau Gunange / Makian, Kepulauan Guraichi, Saleh, hingga ke Pulau Bacan.

4. Wisata seni dan budaya
Di area provinsi Maluku Utara, setahun sekali digelar Festival Teluk Jailolo. Selain itu ada juga Festival Legu Gam yang diselenggarakan oleh Kesultanan Ternate. Beberapa seni budaya khas Maluku Utara yang sudah cukup terkenal diantaranya adalah Tari Cakalele yang melibatkan setidaknya 30 orang penari laki-laki dan perempuan.

Untuk kerajinan tangan khas Maluku Utara, ada kerajinan tangan Besi Putih yang berasal dari pulau Morotai. Kerajinan tangan ini dihasilkan dengan memanfaatkan sisa-sisa perlengkapan tempur Perang Dunia II yang banyak terdapat di sana. Biasanya sisa-sisa perlengkapan tempur ini diolah menjadi kalung, cincin, gelang, pisau komando dan beragam jenis lainnya.

5. Wisata kuliner
Kue serut atau Bagea dan ikan asap merupakan beberapa kuliner khas Maluku Utara. Saat berkunjung ke Maluku Utara, Anda juga harus mencicipi papeda, makanan dari sagu yang juga terdapat di daerah Papua. Selain itu, ada juga halua kenari, ikan asap fufu dan gohu ikan.

Gohu ikan yang cukup terkenal adalah Gohu Ikan Cakalang yang ada di RM Poppeda, Pasar Bahari Berkesan, Ternate. Untuk menu sarapan, masyarakat Ternate sangat menggemari Nasi Kuning Ikang Telur, yaitu sajian nasi kuning dengan daging ikan tongkol, singkong, mie dan telur. Anda bisa mencoba menu ini di Rumah Makan Al-Hikmah, Jl. Nasution, Ternate.

Saat malam hari, kunjungilah kawasan Tapak di Ternate. Di sini Anda bisa mencicipi “Pisang Mulut Bebek”, jenis pisang khas daerah. Dalam penyajiannya, pisang ini dihidangkan dengan sambal tore. Sambal tore adalah sambal khas ternate yang dicampur dengan ikan asin sebagai pelengkap cocolannya, lalu ada juga kacang goreng dan ikan teri.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1275 seconds (0.1#10.140)