Makan & Minuman yang Bantu Perkembangan Otak

Kamis, 25 Desember 2014 - 15:00 WIB
Makan & Minuman yang Bantu Perkembangan Otak
Makan & Minuman yang Bantu Perkembangan Otak
A A A
MAKANAN yang baik dan mengandung gizi dikemas dengan nutrisi dapat meningkatkan kesehatan dan bagus untuk tubuh. Makanan tersebut dapat mencegah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker, serta dapat memberikan manfaat kepada kulit dan fungsi otak.

Ada sepuluh jenis makanan bernutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkakan daya ingat, sebagaimana dikuti dari Medindia.net.

1. Susu
Susu dikenal dengan minuman yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan potasium dengan Vitamin B6 dan B12 ini merupakn nutrisi tang diperlukan untuk meningkatkan memori pada aotak dan fungsi kognitif. Bahkan sebuah studi penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition protein pada susu sapi yakni " alpha-lactalbumin" sangat bermanfaat pada perkembangan otak.

2. Bayam
Bayam yang mengandung magnesium (39,1% DV) dan Kalium (24% DV) dapat meningkatkan memori dan belajar. terlebih bagi yang mengalami penyakit Alzhemeir dapat memakan bayam untuk meningktakan daya ingat.

3. Labu

Buah yang sangat terkenal dengan manfaatnya dalam mengontrol kadar gula darah pada tubuh bahkan kanker ini sangat bagus untuk kesehatan otak. kandungan yang mempunyai vitamin B12 ini membantu mencegah kerusakan saraf dan penyusutan pada otak .

4. Kentang
makanan tinggi kaya seratnya ini dapat meningkatkan memori pada fungsi otak . Kandungan serat yang terdapat vitamin C, vitamin B6, kalsium dan mangnisium ini sangat bagus untuk kesehatan otak.

5. Brokoli
Sayuran silang dari keluarga sayauran kubis makanan yang kayak nutrisi ini dapat melindungi otak saat mengalami cedera ringan. Sayuran yang mengandung zat sulforphane ini dapat melindungi otak dari "benda asing" yang bisa melukai otak.

6. Gandum
Gandum yang paling banyak akan vitamin B dapat melindungu jaringan saraf pada oksidasi. Selain itu dapat meningkatkan daya ingat dan dapat terhindar dari penyakit stroke.

7. Mangga
Buah yang sering dijumpai ini banyak mengandung nutisi. Buah yang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan vitamin K, A dan E ini baik untuk kesehatan otak.

8. Madu
Madu yang dihasilkan oleh lebah ini menjadi pemanis alami yang sangat dikenal oleh Masyarakat. Kandungan dyang bnayak terdapat glukosa, fruktosa dan berisi vitamin B, magnesium, fosor, kalsium, dan antioksidan ini baik untuk keshatan otak. Adanya kandungan fruktosa, zat pemanis pada madu‌ ini dapat meningkatkan energi dalam tubuh sehingga madu dapat melindungi otak dari cacat mental.

9. Salmon Merah Muda
Ikan Salmon yang sering kita jumpai di peraraian di Benua Amerika ini mempunyai asam lemak omega 3 atau bisa dikenal dengan kandungan DHA (docosahexaenoic acid) baik untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian terbaru menujukkan kandungan DHA pada ikan salmon merah udah itu dapat mencegah seseorang terkena Alzheimer. Namun, DHA tidak bisa mengobati seseorang yang terkena penyakit Alzheimer.

10. Air
Air merupakan nutrisi yang berperan sangat penting untuk kesehatan dan kinerja pada otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi tidak hanya menyusut pada jaringan otak, tetapi juga merugikan dan mempengaruhi konsentrasi dan memori. Jadi,minumlah setiap hari untuk kesehatan tubuh dan otak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5685 seconds (0.1#10.140)