Cegah Kanker dengan Ubah Gaya Hidup

Jum'at, 26 Desember 2014 - 15:04 WIB
Cegah Kanker dengan Ubah Gaya Hidup
Cegah Kanker dengan Ubah Gaya Hidup
A A A
LONDON - Lebih dari 4 dalam 10 kanker bisa dicegah jika orang mempraktikkan gaya hidup sehat. Menurut Cancer Research UK, merokok adalah faktor risiko yang paling bisa dihindari, diikuti diet yang tidak sehat.

Yayasan itu meminta orang-orang agar mempertimbangkan kesehatan mereka ketika membuat resolusi Tahun Baru. Membatasi asupan alkohol dan berolahraga secara teratur juga merupakan saran yang baik.

Berdasarkan data selama lima tahun dari 2007—2011 di Inggris, lebih dari 300.000 kasus kanker yang tercatat terkait merokok. Sementara 145.000 lainnya terkait diet tak sehat yang mengandung terlalu banyak makanan olahan. Obesitas mengontribusi 88.000 kasus dan alkohol 62.200 kasus. Faktor lain juga berasal dari sinar matahari yang merusak kulit dan jarangnya beraktivitas fisik.

“Hanya sedikit keraguan kalau pilihan gaya hidup bisa memiliki dampak besar terhadap risiko kanker dengan riset di seluruh dunia semuanya menunjuk pada faktor risiko utama yang sama. Tentu saja semua orang menikmati tambahan makanan selama hari libur Natal sehingga kita tidak ingin melarang kue pai daging cacah dan anggur, tapi ini adalah saat yang baik untuk memikirkan kebiasaan sehat untuk 2015. Melakoni gaya hidup sehat tidak bisa menjamin seseorang tidak bisa terkena kanker tapi kita bisa mencegahnya dengan mengambil langkah positif sekarang yang akan membantu mengurangi risiko kanker di masa depan,” papar Max Parkin, pakar statistik Cancer Research UK yang berbais di Queen Mary University of London, seperti dikutip BBC.

Publik Health England menyatakan, gaya hidup sehat bisa memainkan peranan penting dalam mengurangi risiko kanker. Mereka mengatakan, kampanye seperti Smokefree, Dry January dan Change4Life Sugar Swaps bertujuan meningkatkan kesadaran publik.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5818 seconds (0.1#10.140)