Sophisticated Tas Ikonik

Minggu, 28 Desember 2014 - 11:34 WIB
Sophisticated Tas Ikonik
Sophisticated Tas Ikonik
A A A
Sebuah tas dirancang khusus oleh label terkenal dunia, bahkan terkadang menggunakan nama selebriti terkenal menjadi ngehits dan populer. Sebut saja Chanel, Hermes, Louis Vuitton, Mulberry, dan kini Fendi ikut merilis jenis tas yang dianggap akan menjadi tas ikonik.

Tas ikonik dari merek terkenal tak hanya eksklusif dan mewah, nama pesohor yang dipakai untuk identitas juga menaikkan pamor tas ikonik sebuah label mode. Nah yang paling anyar, tiga nama terkenal seperti Adele, Gwyneth Paltrow, dan Cara Delevigne baru-baru ini dipakai oleh Fendi untuk beberapa desain tas Peekaboo terbaru mereka.

Tak hanya ketiga selebriti ini, masih adaaktris Naomie Harris, Jerry Hall, dan putrinya Georgia May Jagger, arsitek Zaha Hadid, ilustrator busana Tanya Ling, artis Tracey Emin, dan wartawan Kate Adie. Masing-masing dibuatkan satu rancangan khusus tas Peekaboo rumah mode Italia yang dipimpin oleh Karl Lagerfeld itu.

Namun, tas Peekaboo ini tak begitu saja bisa dimiliki karena rupanya rancangan eksklusif dan desain mewah dari Fendi menjadi barang lelang untuk amal. “Saya senang ada banyak yang dilibatkan untuk proyek tas ikonik Fendi,” sebut Silvia Venturini, kepala divisi barangbarang kulit, dan cucu dari pendiri Fendi.

Harga Fendi Peekaboo ditaksir 3.720 poundsterling dan sudah bisa ditawar sejak awal Mei lalu melalui situs mereka. Tentunya dengan potongan-potongan unik, tas ini banyak peminatnya. Karena itu, Fendi ikut merilis tas Peekaboo untuk pria. Saat pembukaan toko barunya di Bond Street, London, Fendi membuat satu lantai bagian khusus busana pria dan secara spesial juga meluncurkan tas Peakaboo untuk pria.

“Tas ikonik Peekaboo untuk pria menjadi sebuah kemewahan yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi. Tas ini memiliki kulit buaya dan gesper perak,” kata Pietro Beccari, CEO Fendi dikutip dari Telegraph.co.uk. Sebelumnya, Fendi juga punya tas bulu yang ikonik. Fendi Bugs memiliki pesona warna dan menambahkan detail identik Fendi berupa bulu-bulu.

Fendi Bugs ini dianggap sebagai obsesi tas abad ke-21 yang fungsional sekaligus fashionable. Berbicara tentang tas ikonik, maka kita tak bisa lepas dari merek Hermes yang terkenal dengan koleksi tas Hermes Birkin dan Hermes Kelly Bag. Di antara keduanya, Birkin memang yang paling populer.

Legenda tas Birkin dimulai saat petinggi Hermes mendengar keluhan seorang penyanyi, sekaligus aktris, Jane Birkin, yang kesulitan mencari tas yang elegan dan mewah yang sesuai dengan keinginannya. Hermes masih punya satu jenis tas ikonik, yaitu Hermes Constance. Tas ini awalnya dirancang untuk menghormati salah satu wanita di belakang dinasti Hermes.

Namun, tas ini dikaitkan juga dengan Jacqueline Kennedy Onassis. Meski tak secara langsung dinamai Jackie O, tas tersebut memang menjadi tas favorit Jacqueline Kennedy Onassis. Kini, orang-orang pun terbiasa menyebut tas tersebut dengan The O-Bag atau tas O. Kemudian, tas ikoniklainnya, ada tas klasik Chanel 2.55 yang masih menjadi favorit pencinta mode hingga saat ini.

Namun, biasanya orang justru fokus pada kualitas kulitnya. Meski sebenarnya, bagian tas yang membuat perubahan tren yang signifikan adalah tali rantainya. Selanjutnya, tas Mulberry Alexa termasuk yang ikonik dan banyak penggemarnya. Mengambil nama ikon fashion asal Inggris, Alexa Chung, tas ini didesain secara klasik modern oleh Mulberry.

Ini merupakan langkah yang cerdas bagi Mulberry karena tas Alexa ini langsung menjadi favorit pencinta tas ternama. Tas ikonik lain yang muncul di Paris Fashion Week musim gugur/dingin 2014 adalah milik Louis Vuitton. Jika dulu merek ini dipenuhi dengan tas-tas besar, era baru Louis Vuitton di bawah direktur kreatif Nicolas Ghesquiere muncul perdana dengan tas boxy mungil.

Petite-Malle Bags demikian sebutan untuk tas boxy mungil tersebut dirancang dalam berbagai warna, kain, dan ukuran. Tas Petite Malle muncul dalam ciri detail seperti bagian atas yang bisa dilipat tutup dan adanya gesper tampak seperti tempat menyimpan harta karun. Tampil sangat stylish di atas catwalk, tas yang muncul sekitar 15 koleksi ini kebanyakan berbentuk persegi panjang dengan tali kulit panjang.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4037 seconds (0.1#10.140)