Kreasi Apel dalam Masakan

Senin, 05 Januari 2015 - 14:02 WIB
Kreasi Apel dalam Masakan
Kreasi Apel dalam Masakan
A A A
BUAH apel tak hanya nikmat dimakan begitu saja. Buah ini akan tambah nikmat bila dikreasikan menjadi hidangan. Bagaimana mengolah apel menjadi hidangan nikmat dan sehat?

Apel memiliki kandungan air yang dapat menghilangkan dahaga. Rasanya yang manis dipadu dengan kerenyahan daging buahnya menjadi sensasi tersendiri ketika memakannya.

Terlebih lagi, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan. Antara lain kalori, zat besi, kalsium, lemak, vitamin A, vitamin C, dan protein. Ada beberapa tips yang bisa dipegang, yaitu pilihlah apel keras dengan cara agak memencet lembut dan merasakannya, karena itu menunjukkan kualitas kerenyahannya.

Ketukan jari ke buah apel, jika berbunyi nyaring itu berarti apel masih renyah dan mengandung banyak air, inilah apel yang bagus dan segar. Tapi jika bunyinya berat, itu menandakan buah apel sudah kering dan kehilangan kerenyahannya. Hindari memilih buah apel yang memiliki memar karena bagian yang memar sudah pasti kondisinya tidak renyah lagi.

Sebaiknya memilih apel dengan kulit yang mulus dan tidak ada bercak. Anda juga dapat mencium aromanya. Apel yang sudah matang akan mengeluarkan aroma khas dari apel. Nah untuk resep yang paling sederhana dari buah ini, yaitu selai apel. Memang, selai apel bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Tapi ketahuilah, produk selai tersebut umumnya menggunakan bahan pengawet, belum lagi menggunakan tambahan pemanis.

Jika membuat sendiri, Anda dapat mengatur rasa selai sesuai selera. Caranya pun tak sesulit yang dibayangkan. Bahan yang diperlukan : 1 kilogram apel malang, 3 buah lemon yang diambil airnya tanpa membuang kulitnya, 500 gram gula pasir, 1 batang kayu manis, 5 butir cengkih, dan 1 1/2 liter air untuk merebus.

Untuk membuatnya, kupas kulit apel lalu potong-potong, cuci hingga bersih, tiriskan. Berikutnya rebus air hingga mendidih dan tambahkan sebagian air lemon dan kulit lemon. Masukkan apel dan masak sampai lunak. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Dengan menggunakan garpu, haluskan apel. Lalu tambahkan sisa air lemon, gula pasir, kayu manis, dan cengkih. Masak dalam wajan, di atas api kecil, sambil terus diaduk sampai mengental. Nah sudah jadi, tinggal diangkat dan didinginkan. Resep ini untuk 700 gram. Selanjutnya, Anda bisa menempatkan selai apel buatan sendiri dibotol.

Penggunaan lemon disini berfungsi mencegah apel berubah menjadi cokelat. Selain itu, juga menambah aroma dan rasa semakin legit. Resep lain applespinachchicken . Hidangan ini sehat dan sangat baik, terutama untuk si kecil. Menggabungkan apel dengan bayam dapat menambah nilai positif dari apel dan bayam.

Apel yang digabungkan dengan sayur bayam lalu diberi ayam, membuat makanan ini makin sehat dengan tambahan protein nabati dan hewani. Anda juga bisa mencoba membuat caramel beef with apple . Perpaduan daging sapi dengan buah apel berwarna putih menghasilkan visual makanan yang melezatkan. Anda pun bisa mendapatkan kandungan lemak hanya 7 gram dengan kalori 199. Ide lain, yaitu menampilkan apel sebagai hidangan penutup. Warm apple and rum raisin topping namanya.

Makanan ini dapat menjadi penutup yang mudah untuk dibuat. Hanya perlu memotong buah apel lalu menggorengnya menggunakan mentega pada kondisi api sedang. Kemudian masukkan kayu manis dan jus melon. Tambahkan rum dan kismis. Setelah disajikan pada piring, berikan ice cream vanila atau yoghurt, bisa juga pancake .

Penggunaan rum bisa ditiadakan jika Anda tidak suka alkohol. Sementara untuk minuman spiced apple cider bisa jadi pilihan. Bahan yang dibutuhkan, yaitu 1 liter apple cider , 5 sendok makan light brown sugar , 2 batang kayu manis, 1 sendok teh allspice , jahe parut secukupnya, 2 butir cengkih, 1/2 butir pala yang diparut halus, dan 1/4 sendok teh garam. Bahan-bahan ini direbus di atas api kecil sekali.

Lalu tutup dan biarkan hingga mendidih. Saringlah ke dalam 6 gelas saji dan sajikan panas. Minuman ini cocok dinikmati pada musim penghujan seperti sekarang. Untuk diketahui, apple cider adalah sari buah apel tanpa penambahan gula.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7137 seconds (0.1#10.140)