Sirup Labu Siam Sebuah Inovasi Minuman Sehat

Kamis, 15 Januari 2015 - 10:37 WIB
Sirup Labu Siam Sebuah Inovasi Minuman Sehat
Sirup Labu Siam Sebuah Inovasi Minuman Sehat
A A A
YOGYAKARTA - Labu siam (Sechium edule) merupakan sayuran yang cukup familiar bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Sayangnya, dengan manfaat yang besar bagi kesehatan, labu siam hanya diolah sebagai masakan biasa. Dari sinilah mahasiswa FMIPA UNY mencoba membuat sirup labu siam.

"Kami mencoba membuat inovasi dengan memanfaatkan buah labu siam menjadi sirup. Produk ini kemudian kami beri nama Silabus atau sirup labu siam. Kami berharap sirup ini bisa menjadi alternatif minuman sehat," ujar Fauzia Budi Mariska kemarin.

Silabus sendiri merupakan inovasi yang dilakukannya bersama teman-teman sesama Jurusan Pendidikan IPA yakni Hanifah, Isna Amanatul Hayati dan Siti Rahmawati. Menurut Fauzia, labu siam mempunyai prospek sebagai dietary food karena memiliki kandungan kalori yang rendah dan bisa digunakan sebagai makanan penambah rasa. Labu siam juga bersifat menyejukkan dan mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi.

"Manfaat labu siam diantaranya mampu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk penderita asam urat, penderita diabetes, menjaga kesehatan ginjal, memperlancar peredaran darah, mencegah kanker dan mengurangi resiko bayi lahir cacat," imbuh Fauzia.

Dijelaskan Hanifah, pembuatan sirup labu siam pun tidaklah sulit. Pertama, memilih labu siam yang bagus dan tidak ada bagian yang busuk, kemudian dikupas. Buah lalu dicuci bersih untuk menghilangkan getahnya. Langkah selanjutnya, daging buah dipotong-potong dan dihancurkan dengan blender hingga menjadi seperti bubur.

"Setelah menjadi bubur, adonan lalu disaring dan diambil sari buahnya. Setelah itu, sari buah dipanaskan dengan menambahkan gula pasir dan garam secukupnya hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan sedikit asam sitrat ke dalam hasil rebusan. Terakhir, cairan sirup didinginkan dan sirup pun siap untuk dikonsumsi," imbuhnya.

Tak hanya membuat sirup labu siam, mereka juga telah melakukan uji taster pada masyarakat. Hasilnya, sirup buatan mereka cukup disukai. Tak hanya enak, silabus juga menyehatkan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9447 seconds (0.1#10.140)