Kreatif Mengolah Roti Tawar

Jum'at, 16 Januari 2015 - 09:27 WIB
Kreatif Mengolah Roti Tawar
Kreatif Mengolah Roti Tawar
A A A
Roti tawar terbilang panganan yang mudah diolah dan praktis untuk disantap sebagai menu sarapan. Daripada hanya mengolesnya dengan selai atau menaburi meses, cobalah cara lain menikmatinya.

Roti tawar identik dengan menu sarapan. Panganan ini praktis untuk diolah maupun disantap tanpa perlu repot dengan sendok garpu. Alasan kepraktisan juga mengantarkan makanan ini sebagai bekal favorit anak sekolah. Kandungan gizi roti tawar tergolong komplet.

Tiap satu lembar (25 gram) roti tawar putih mengandung 66 kkal, 12,65 g karbohidrat, 0,82 g lemak, dan 1,9 g protein. Roti tawar putih juga mengandung vitamin, seperti thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin, serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, dan kalsium.

Jika anak Anda jarang minum susu atau mengonsumsi produk susu lainnya, roti bisa dijadikan sebagai sumber tambahan yang baik untuk si kecil. Namun perlu diketahui, roti tawar mempunyai kadar indeks glikemik yang tinggi. Bila mengonsumsinya dengan topping yang mengandung gula, seperti selai, maka akan sangat cepat meningkatkan kadar gula darah. Sebaiknya gunakan topping yang mengandung lemak seperti margarin, mentega, dan keju secukupnya saja.

Mengingat kombinasinya dengan roti akan menyumbang kalori yang cukup tinggi, diet sehat Anda bisa gagal karenanya. Kalau ingin yang lebih sehat dam berserat, sebaiknya pilih roti tawar yang berbahan dasar tepung gandum. Roti ini memiliki tekstur yang lebih kasar. Roti gandum mengandung protein, lemak, dan kalori. Namun, tidak semua roti gandum terbuat dari 100% gandum utuh.

Biasanya, roti dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung yang diperkaya gandum. Dengan begitu, kemungkinan roti akan memiliki serat yang lebih rendah dari roti gandum utuh. Roti bertuliskan “gandum utuh” akan tercantum sebagai bahan utama jika roti dibuat dari 100% gandum. Sebenarnya jika Anda mau bereksperimen, ada banyak olahan dari roti tawar. Bisa memakai roti tawar putih atau roti gandum. Misalnya saja roti tawar pisang, kue lemper roti tawar, piza berbahan dasar roti tawar, hingga puding panas roti tawar.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)