Agar Roti Tawar Tahan Lama

Jum'at, 16 Januari 2015 - 09:28 WIB
Agar Roti Tawar Tahan Lama
Agar Roti Tawar Tahan Lama
A A A
Agar roti tahan lama, ada cara untuk penyimpanannya. Beberapa jenis roti, seperti roti tawar, roti untuk sup, roti untuk hamburger, atau roti manis tanpa isi, dapat disimpan dalam kotak khusus roti selama 1-3 hari.

Roti tawar atau roti jenis lain yang memiliki remah kasar, seperti whole wheat atau rye bread harus dibungkus dengan plastik kedap udara atau alumunium foil sebelum disimpan dalam lemari es. Roti akan bertahan kesegarannya selama 4-7 minggu. Bila mau disantap, buka bungkus roti, perciki dengan sedikit air, lalu panggang dalam oven bersuhu 180-200 derajat Celsius selama beberapa menit.

Perhatikan untuk roti isi, seperti ayam, daging, ikan, dan sayur, roti tersebut lebih cepat basi ketimbang roti isi cokelat, keju, dan selai. Jika tak ingin segera dinikmati, sebaiknya jangan terburu-buru membuka roti. Kantong pembungkus roti bertujuan menjaga kesegaran dan kelembapan roti sehingga tetap empuk dan tidak kering.

Jadi, bila Anda belum ingin menikmati roti, sebaiknya jangan segera membuka kemasannya. Kecuali, jika Anda sudah membuka kantong pembungkus dan masih tersisa, ikat kantong pembungkus dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kantong.

“Keringat” pada roti yang timbul saat udara panas bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Maka dari itu, bila Anda membuat roti atau kue sendiri, pastikan roti atau kue tersebut dalam keadaan dingin terlebih dahulu sebelum membungkusnya. Nah, selesai roti dibungkus dengan plastik kedap udara, barulah Anda mengaplikasikan tips menyimpan roti tersebut.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4595 seconds (0.1#10.140)