Khasiat Kacang Almond

Jum'at, 16 Januari 2015 - 09:29 WIB
Khasiat Kacang Almond
Khasiat Kacang Almond
A A A
Gaya hidup sehat yang dijalani kaum urban belakangan ini mendorong mereka untuk mengonsumsi panganan yang juga bergizi. Salah satunya kacang almond. Beberapa vendor banyak menjual minuman berbahan kacang almond lewat media sosial dalam kemasan botol.

Namun, Anda pun dapat membuatnya sendiri. Caranya amat mudah. Campurkan kacang almond dengan pemanis kesukaan, seperti gula atau madu dan air secukupnya, lalu semuanya di blender. Jadilah racikan minuman yang menyegarkan sekaligus sehat. Kacang almond memang menyimpan banyak khasiat.

Jenis kacang-kacangan ini berhasil meraih posisi di 50 makanan paling menyehatkan sepanjang masa menurut Huffington Post . Bagi Anda yang belum tahu, almond merupakan satu keluarga dengan buah aprikot. Jangan heran jika biji buah aprikot tampak mirip dengan bentuk almond.

Keduanya berasal dari satu keluarga yang sama, yaitu prunus. Buah yang tergolong stone fruit ini juga memiliki hubungan erat dengan pohon dan tumbuhan lain yang menghasilkan buah-buah seperti ceri, persik, prem, dan nectarine. Almond tergolong jenis kacang dengan kalori paling rendah.

Dalam satu ons penyajian, almond mengandung 160 kalori. Almond juga menjadi kacang dengan tingkat kalsium paling tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Tak hanya itu, terdapat pula 9 gram lemak menyehatkan, 6 gram protein, dan 3,5 gram serat. Almond diyakini menyimpan manfaat kesehatan.

Antara lain menurunkan kolesterol jahat, membantu mengontrol kadar gula darah, mendukung kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan otak, memperkuat tulang, menjaga kulit sehat, mengatasi masalah rambut, dan menurunkan sembelit. Almond paling baik disajikan mentah atau dikeringkan. Namun, ketika kacang almond panggang kemungkinan telah dipanaskan menggunakan kandungan kurang menyehatkan seperti lemak.

Karena itu, untuk mendapatkan hasil optimal, santap almond dengan label yang menyertakan keterangan mentah (raw ) atau dikeringkan (dry-roasted ). Almond memiliki dua varietas manis dan pahit. Secara tradisional, almond manis dimakan, sedangkan almond pahit digunakan untuk membuat minyak almond.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)