Kreasi Kain Batik

Jum'at, 16 Januari 2015 - 09:31 WIB
Kreasi Kain Batik
Kreasi Kain Batik
A A A
BOLERO

Langkah pertama, pilih scarf segi empat, kemudian pertemukan sisi ujung atas scarf dengan sisi ujung bawah scarf, lalu ikat. Lakukan di sisi kiri dan kanan.

HAREM PANTS

Pilih shawl atau kain panjang, kemudian gunakan bagian lebar kain untuk melilit pinggang. Ikat kedua sisi kain ini di depan pinggang. Lalu ambil sisi bagian bawah, lalu tarik ke bagian depan di antara kedua kaki. Langkah berikutnya, tarik sampai sebatas pinggang, kemudian ikat di bagian belakang pinggang.

SUN TOP

Pilih shawl segi empat yang besar dan lentur, kemudian ikat kedua ujung shawl di belakang leher, namun jangan terlalu kencang sehingga masih ada celah antara leher dan kain. Kemudian gulung bagian bawah scarf sampai batas pinggang. Terakhir, ikat bagian belakang kain sampai kencang. Model ini mirip baju dalaman backless.

TAHITI

Bagi dua shawl persegi panjang sesuai lingkar dada. Kemudian ikat kedua sudut kain di bagian depan atas dada. Lalu, pilin sisa kain, ikat sisa kain dari bagian belakang dada ke belakang leher membentuk simpul.

SARUNG KEBAYA

Langkah pertama:

bagi shawl panjang berbentuk persegi panjang menjadi dua sisi dengan lipatan di bagian pinggir. Namun, buat bagian dekat pinggang lebih kecil daripada bagian belakangnya.

Langkah kedua:

silangkan kedua bagian kain ini menutupi pinggang. Sisakan sedikit bagian ujung kain agar bisa ditarik ke belakang. Pegang ujung kain yang panjang, dan serut menggunakan tangan ke bagian bawah kain sehingga membentuk lipatan di bagian depannya. Setelah terbentuk draperi di bagian depannya, pilin-pilin sisa kain yang panjang untuk mengunci kain. Terakhir, gulung sisa kain ke bagian belakang. Gulungan ini dapat berbentuk kepangan atau pilinan kuat agar lebih rapi saat diselipkan ke bagian dalam kain di belakang.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3923 seconds (0.1#10.140)