Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Minggu, 18 Januari 2015 - 06:20 WIB
Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan
Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan
A A A
Sama seperti jenis teh lainnya, teh hitam juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.
Berbagai bahan alami yang menjadi komposisi teh dipercaya menyimpan banyak mineral dan vitamin yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat mengkonsumsi teh hitam yang dilansir dari Naturalnews.

1. Antioksidan
Teh hitam mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Polifenol dipercaya dapat membantu mencegah kesurasan DNA yang berkaitan dengan kontaminasi bahan kimia yang beracun. Tidak hanya itu, polifenol juga dapat meningkatkan kualitas kulit dan fungsi otak.

2. Menjaga kesehatan mulut
Mengkonsumsi teh hitam dapat membantu kesehatan mulut Anda. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari dapat mengurangi plak, membangun dan membantu mengontrol bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

3. Kesehatan jantung
Minum tiga cangkir teh hitam sehari dapat mencegah timbulnya stroke iskemik. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan David Geffen pada 2009 dari School of Medicine di Los Angeles. Mereka yang minum teh hitam secara teratur dapat memiliki risiko 21 persen lebih rendah terserang stroke.

4. Kesehatan tulang
Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang sudah lanjut usia yang teratur meminum teh memiliki kepadatan mineral tulang lebih tinggi. Pasalnya fitokimia yang terkandung dalam teh hitam dapat menguatkan tulang dan mengurangi resiko radang sendi. Rutin meminum teh hitam juga dapt membantu memperlambat kehilangan kepadatan mineral tulang.

5. Mengingkatkan imunitas
Tanin tipe polifenol yang terkandung dalam teh hitam dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari virus influenza, flu perut, dan virus lainnya. Antioksidan dalam teh hitam juga dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)